• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Salehuddin saat menggelar Reses di Kecamatan Pemekaran Baru Kota Bangun Darat)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Seluruh Anggota DPRD Kaltim rampung menggelar Reses Masa Sidang III tahun 2021 yang berlangsung di bulan Oktober 2021, salah satunya Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin,S.Sos,S.Fil,M.Si.

Politisi Golkar tersebut menggelar Reses dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat Kukar, berlangsung mulai 22 sampai 29 Oktober 2021 lalu, di beberapa wilayah di Kukar, seperti di Kecamatan Kota Bangun, Kota Bangun Darat, Muara Jawa dan Tenggarong.

Saleh sapaan akrabnya mengatakan, hari pertama pelaksanaan Reses dirinya melaksanakan dibeberapa Desa di Kecamatan Kota Bangun Darat, khusus di Kecamatan pemekaran baru tersebut sebagian besar masyarakat menginginkan percepatan proses realisasi definitif Kecamatan Kota Bangun Darat termasuk penetapan Camatnya.

"Masyarakat di Kota Bangun Darat berharap dengan mempercepat proses realisasi administrasinya karena ada beberapa syarat dari Kemendagri kemudian tipologi dari Kecamatan dari Provinsi dan itu sudah keluar semua, agar di November 2021 ini sudah terisi struktur jabatan di administrasi dari Kecamatan tersebut," ungkap Saleh.

Dengan telah terisinya struktur jabatan dan administrasi di Kecamatan Kota Bangun Darat lanjut Saleh, harapannya proses penyusunan Rencana Kerja (Renja) terkait APBD Kukar tahun depan itu sudah bisa masuk di Kecamatan tersebut dan efektif berjalan di APBD Kukar 2022.

"Karena masyarakat di Kecamatan pemekaran baru ini betul-betul butuh sentuhan pembangunan dari Pemkab Kukar, karena selama ini beban terkait dengan infrastruktur seperti jalan dan jembatan akses menuju ibukota Kecamatan Kota Bangun Darat di Desa Kedang Ipil memang perlu pembenahan secara menyeluruh, termasuk sarana dan prasarana dasar seperti sekolah maupun gedung untuk kantor Kecamatan dan kantor penunjang lainnya itu saat ini sangat mendesak," terangnya.

Mantan Ketua DPRD Kukar periode sebelumnya ini mengaku, masyarakat di 3 Desa di Kecamatan Kota Bangun Darat yakni Desa Kedang Ipil, Sedulang dan Suka Bumi juga ingin meminta kepada Pemkab Kukar khususnya Sekda dan legislatif agar mempercepat proses pengisian jabatan agar di Kecamatan tersebut secara administrasi bisa berjalan maksimal mulai tahun 2022.

"Harapan ini pastinya juga sama yang diminta oleh masyarakat saudara-saudara kita yang ada di Kecamatan pemekaran baru lainnya di Samboja Barat," tuturnya.

Legislator Karang Paci dari Dapil IV Kukar ini menambahkan, untuk lokasi Reses lainnya kami lebih memfokuskan pada proses pembinaan kelompok tani, nelayan, UMKM, termasuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat mengenai program keluarga harapan (PKH).

"Mereka sudah sekian tahun mendapatkan bantuan dari program PKH, dan mereka berharap agar difasilitasi pemerintah daerah terkait ruang-ruang pemberdayaan ekonomi skala kecil, agar status ekonomi mereka yang tadinya sangat tergantung dengan bantuan program PKH ini kedepan mereka ingin merubah status ekonominya jadi lebih baik, sehingga tidak lagi tergantung atau masuk dalam program PKH karena mereka ingin mandiri untuk meraih penghasilan ekonominya," paparnya.

Dari sekian kunjungan Reses kali ini, Salehuddin memastikan akan memperjuangkan aspirasi dan masukan dari masyarakat, tentunya untuk kesejahteraan masyarakat. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top