• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah saat mengukuhkan pengurus FKDM tingkat kecamatan periode 2021-2026)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat Kecamatan di Kutai Kartanegara ini hadir untuk mencegah dini situasi kondisi yang dapat mengganggu aktifitas di masyarakat.

Hal ini diungkapkan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, usai mengukuhkan pengurus FKDM tingkat Kecamatan di Kukar periode 2021-2026, sekaligus launching proyek perubahan optimalisasi peran Forum-forum bentukan Pemerintah menuju Kukar aman dan nyaman, di pendopo Bupati Kukar, Kamis (28/10/2021).

Edi Damansyah mengatakan, kami telah mengukuhkan FKDM yang merupakan forum yang dibentuk Pemkab Kukar, saat ini baru ada di Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu dan Loa Janan, nanti akan terus juga dilakukan di beberapa Kecamatan lainnya.

"Persoalan gangguan Kamtibmas di masyarakat ini kadang-kadang oleh oknum orang perorang, ini yang kalau memang sudah diketahui agar dideteksi dengan baik, kemudian di kordinasikan dengan aparat diwilayah Kecamatan agar penanganannya lebih cepat," ungkap Edi Damansyah kepada awak media.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti menjelaskan, pembentukan FKDM Kecamatan ini sebenarnya SK nya sudah keluar untuk 18 Kecamatan se Kukar, tapi karena masih dalam masa pandemi dan menghindari kerumunan maka kita bikin per zona.

"Untuk pengukuhan hari ini merupakan zona satu, setelah ini ada dua zona di hulu yang akan kita kukuhkan, kemudian dua zona lagi di daerah pesisir, sehingga pengukuhan di lima zona ini terlaksana," tuturnya.

Rinda Desianti juga menambahkan, FKDM ini dilatar belakangi salah satu visi misi dari Bupati Kukar yakni mewujudkan masyarakat Kutai Kartanegara sejahtera dan berbahagia. Kalau sejahtera tentu saja berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat harus terpenuhi, hanya saja ketika berbicara berbahagia itu menjadi relatif.

"Tapi yang pasti kebahagiaan itu harus terwujud apabila masyarakat memiliki rasa aman, ketika masyarakat merasa aman dan nyaman pasti akan berbahagia, untuk itu kita wujudkan dalam forum ini untuk mewujudkan salah satu visi misi Bupati Kukar tersebut," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top