• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Gubernur Kaltim Isran Noor bersama Bupati Kukar Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid saat Panen Raya Jagung Nusantara)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Gubernur Kaltim Isran Noor hadiri Panen Raya Jagung Nusantara, dalam rangka Hari Tani Nasional 2021, di Kelompok Tani Saka Makmur, Gunung Wang, Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong, Rabu (29/9/2021).

"Hari ini kita panen jagung secara nasional, kita di Kaltim dihadiri Gubernur, Bupati Kukar, dan para pimpinan Forkopimda Kukar dan pimpinan OPD terkait, baik dari provinsi maupun Kabupaten," ungkap Isran Noor.

Ia mengaku, di Kaltim cukup besar hasil panennya, kita punya cadangan 1000 ton dan saat ini kita di Kaltim sekitar 30 hektare panen jagung di Kukar, Berau, dan Paser.

"Walaupun Kaltim ini dari segi komoditi ekonominya di bidang pertambangan, tapi sektor pertanian kita tetap eksis," tuturnya.

Bahkan lanjut Isran, Kaltim kemarin salah satu yang mendapat penghargaan ekspor prodak pertanian terbaik di Indonesia. Artinya untuk komodoti jagung ini bahkan kita ekspor keluar Kaltim, karena kita belum memiliki industri pengolahan pakan ternak di daerah jadi harus kirim ke Surabaya atau Jakarta yang ada pabrik pengolahan pakan ternak.

"Rencana sudah ada untuk bangun pabrik, tapi persyaratannya banyak, pertama ada tersedianya bahan bakunya yang cukup, bukan hanya jagung, tetapi juga dedak, kedelai, tepung ikan untuk produksi pakan ternak, kita belum bisa penuhi itu semua, hanya untuk jagung saya kira sudah cukup," terangnya.

Apalagi lanjutnya, kerjasama dengan pihak swasta yang memberikan dukungan dari dana sisa perusahaan.

"Kedepan kita bagaimana membangun pertanian, dan bagaimana meningkatkan pangan negara, juga bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani, untuk meningkatkan ekspor dari produk pertanian, kalau bisa dilakukan terus kita bisa fight," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top