• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Lapas Tenggarong saat meluncurkan aplikasi E-KUMALA.Foto:humas)

TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Terobosan baru dalam meningkatkan layanan bagi masyarakat khususnya bagi keluarga warga binaan, Lapas Tenggarong resmi luncurkan aplikasi dengan nama E-KUMALA, berlangsung di halaman kantor Lapas Tenggarong, Senin (5/7/2021).

Kepala Lapas Tenggarong Agus Dwirijanto dalam sambutanya mengatakan, aplikasi ini dibuat dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pemasyarakatan terlebih pada masa pandemi saat ini, selain mengurangi interaksi langsung petugas dengan masyarakat sekaligus diharapkan dapat memudah masyarakat dalam mengakses layanan pemasyarakatan yang tersedia di Lapas Tenggarong.

"Aplikasi ini dibuat guna mengurangi interaksi masyarakat dengan petugas pada masa pandemi ini sekaligus diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan akses layanan pemasyarakatan yang tersedia di Lapas Tenggarong," ujarnya.

Agus Dwirijanto menambahkan, kegiatan launching ini adalah wujud dari tata nilai Kemenkumham PASTI dan Lapas Tenggarong BAIK yaitu inovasi.

"Kami juga membuka diri terhadap kritik dan saran terkait aplikasi ini, karena masih banyak kekurangan dan pembenahan yang masih perlu dilakukan guna peningkatan akses aplikasi ini lebih baik dan tahap awal aplikasi ini masih berbasis android," terangnya.

Sementara itu, Halif Shodiqulamin selaku ketua Tim Pelaksana aplikasi ini menuturkan, dengan hadirnya aplikasi ini salah satunya sebagai wujud responsif pihak Lapas Tenggarong dalam peningkatan kualitas layanan dengan cara memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi tanpa harus datang ke Lapas.

"Ini wujud responsif kami dalam rangka peningkatan kualitas layanan salah satunya dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi tentang Lapas Tenggarong tanpa harus datang langsung," tuturnya.

Untuk diketahui, aplikasi E-KUMALA merupakan singkatan dari Elektronik Kunjungan Pengaduan, Informasi dan Layanan Lapas. Dalam aplikasi ini menampilkan fitur tentang layanan kunjungan, layanan pengaduan, profil Lapas dan hasil karya binaan.

Salah satu fitur unggulan dari E-KUMALA selain fitur pengaduan secara online terdapat juga fitur informasi tentang hasil karya binaan, masyarakat dapat mengakses produk-produk Lapas Tenggarong yang dibuat oleh warga binaan dan dapat dipesan secara online juga.

"Tujuan dari fitur hasil karya binaan ini diharapkan dapat menambah Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebagai implementasi dari revitalisasi pemasyarakatan," tutup Halif. (One)

Pasang Iklan
Top