• Senin, 21 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Gubernur Kaltim Isran Noor saat menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Dandim Letkol Inf Charles Alling)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Desa Sinergi Hijau yang berada di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang, yang diinisiasi Kodim 0906 Tenggarong bekerjasama dengan pemerintah daerah mendapatkan apresiasi dari Gubernur Kaltim Isran Noor.

Hal ini diungkapkan, saat meninjau Desa Sinergi Hijau yang berada di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang, yang merupakan kawasan cadangan pangan strategis Nasional, Kamis (6/5/2021).

Bahkan secara khusus Gubernur Kaltim Isran Noor memberikan piagam penghargaan kepada Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Alling, atas pengabdian dan prestasinya sebagai Kodim inovatif dan kreatif dalam mengembangkan program teritorial di Kukar

"Kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0906 Tenggarong ini sangat bagus dan ini sudah masuk dalam pertanian modern dan juga ada peluang, lahannya luas kemudian petaninya sedikit. Maka untuk melaksanakan sebuah bisnis atau pertanian modern harus menggunakan alsintan, kalau luasnya cukup dan menggunakan alat modern maka akan lebih efisiensi dan pendapatan petani akan meningkat," ungkap Isran Noor.

Mantan Bupati Kutim ini mengaku, bentuk apresiasi kita kedepan dalam program ini pasti kita bantu, tahun lalu saja kita anggarkan Rp 2,5 miliar dan tahun ini ada tambahan sekitar 400 sampai 500 juta, dan kita terus koordinasikan, bagaimana kedepan kita membangun sebuah contoh model pertanian modern.

"Walaupun Kaltim tidak ditetapkan sebagai cadangan lumbung pangan seperti daerah lain, tetapi kita coba dengan model kecil tapi sudah terwujud dan kedepan kita juga berencana akan membuat program serupa di Kabupaten/Kota lainnya. Namun harus diidentifikasi lahannya terlebih dahulu dan layak untuk program ini," tuturnya.

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto menuturkan, dari penjelasan Dandim 0906 Tenggarong terkait roadmap termasuk sistematika pelaksanaan kegiatan sudah sangat jelas digambarkan kegiatan Desa tersebut. Maka dirinya bersama Kapolda Kaltim membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ketahanan pangan.

"Makanya kunjungan Gubernur saat ini ditingkat hulu kita mengantisipasi ancaman Covid-19, kemudian kita melaksanakan vaksinasi maka dihilir juga harus disiapkan ketahanan pangan apabila sewaktu-waktu kondisi perekonomian turun kita sudah siap. Inilah kesiapan cadangan pangan yang kita siapkan, dan prinsipnya berkerja keras, cerdas, ikhlas dan tuntas," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan Disini
Top