• Selasa, 18 Mei 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Pupuk organik yang berhasil dikembangkan Prabinsa Kodim 0906 Tenggarong)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Belakangan, sistem pertanian organik semakin marak di berbagai daerah. Tak terkecuali di Kutai Kartanegara dan sekitarnya.

Melihat peluang itu, Prada Rojak Alfian Dwi Cahyo, seorang Prabinsa Kodim 0906/Tenggarong yang memiliki keahlian dalam mengembangkan Pupuk Organik dalam berbagai varian untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah Desa binaan. Mulai mengembangkan dan memproduksi pupuk organik modern.

Prada Rojak mengatakan, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan Dandim 0906 Tenggarong khususnya dimasa-masa pembekalan awal sebagai insan teritorial, saya langsung terlibat dalam proses ketahanan pangan, yang telah diinisiasi sebagai program unggulan Kodim 0906 Tenggarong.

"Dengan berbasis Integrated Farming Sistem (IFS) saya sangat antusias dikarenakan linier dengan pengalaman saya pada saat sebelum menjadi seorang prajurit, dimana saya banyak berkecimpung pada dunia pertanian," ungkap Prada Rojak.

Berdasarkan pengalaman tersebut lanjutnya, saya mencoba mengembangkan salah satu aspek penting didalam budidaya pertanian atau perkebunan, yaitu pengembangan pupuk organik yang bertujuan untuk meningkatkan unsur hara dalam tanah dan menyuburkan tanaman.

"Sehingga saya mencoba mengembangkan berbagai varian pupuk organik, diantaranya pupuk kompos serbuk, pupuk kompos blok, dan pupuk organik cair semua pupuk ini murni berbahan dasar alam yaitu diambil dari kotoran ternak sapi, kambing ataupun ayam," terangnya.

Ia mengaku, setelah difermentasi menggunakan cairan EM4 dan diendapkan selama 21 hari maka pupuk ini diolah dan dikemas dalam bentuk paket 5 kilogram atau 10 kilogram, ada juga yang kami buat dalam bentuk blok menyerupai pot sehingga dalam penggunaannya kita hanya menyiapkan tanah sebagai medianya.

"Kami bersyukur upaya akselerasi ini telah membuahkan hasil yang positif bagi produktifitas hanpangan program unggulan Kodim 0906 Tenggarong, dan besar harapan kami hal ini bisa memberikan inspirasi serta dorongan yang positif bagi setiap insan teritorial dimana pun berada untuk selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas dalam menyukseskan tugas-tugas di lapangan," sambungnya.

Terpisah, Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Alling sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Prada Rojak, karena berdasarkan observasi saya, Sumber Daya Manusia (SDM) Prabinsa saat ini sangat baik, mulai dari sikap kinerja dan motivasi mereka untuk berbuat yang terbaik, dan melihat hal ini program pembinaan kami sengaja difokuskan pada passion mereka dihadapkan dengan aktualisasi binter di lapangan.

"Dan ternyata hal ini menuai hal yang positif, terbukti dengan kiprah Prada Rozak, semoga hal ini juga bisa memberikan inspirasi bagi program pembinaan pers di Sat Teritorial khususnya Kodim-Kodim dijajaran Kodam VI Mulawarman," harapnya. (One)

Pasang Iklan Disini
Top