• Minggu, 20 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Bupati Kukar Edi Damansyah memimpin apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan perayaan Paskah di Kutai Kartanegara)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Aksi bom bunuh diri di depan gerbang Gereja Katedral Makassar beberapa waktu lalu kita semua mengecam tindakan keji tersebut, dan kejadian di Makassar tidak boleh kembali terulang di manapun itu, tidak terkecuali di Kutai Kartanegara.

Hal ini diungkapkan Bupati Kukar Edi Damansyah, saat memimpin Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan perayaan Paskah di Kabupaten Kukar, berlangsung di halaman Makopolres Kukar, Senin (01/04/2021) pagi.

"Dengan adanya apel gelar pasukan ini kita pemerintah daerah tentu harus mendukung langkah-langkah yang dilakukan Polri, bersama TNI, untuk terus memastikan kondusifitas dan stabilitas keamanan di Kutai Kartanegara ini. Kita tidak boleh lengah dan harus peka terhadap lingkungan sekitar. Agar tidak ada lagi korban dari paham-paham radikalisme yang dapat memunculkan aksi teror, sebab terorisme telah menciderai persatuan dan kedamaian di negara ini. Terorisme juga turut mengoyak humanisme dan hak asasi manusia, bukan
hanya di Indonesia, tapi di berbagai belahan dunia. Apa pun itu, tidak ada alasan untuk membenarkan, apalagi sampai mendukung tindakan aksi teror," terang Edi Damansyah.

Daman sapaan akrabnya juga mengimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat Kukar, mari kita bersama menjaga keamanan di lingkungan kemudian harus lebih waspada.

Sementara itu, Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting mengatakan, untuk personil yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini sebanyak dua pertiga kekuatan, baik itu dari Polri, TNI maupun instansi terkait, kita maksimalkan untuk melakukan pengamanan dalam rangka hari Paskah dan jum'at Agung, khususnya bagi Gereja-Gereja yang melaksanakan ibadah.

"Selain pengamanan di gereja kita juga melakukan pengamanan di jalur sebelum masuk ke Kukar, kemudian juga objek vital di Kukar juga kita lakukan pengamanan, baik itu di Makopolres, kemudian tempat ibadah salah satunya Masjid, apalagi sebentar lagi kita memasuki bulan suci Ramadhan," tuturnya.

Terpisah, Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Alling menambahkan, pihaknya kemarin telah mendapatkan surat telegram untuk segera melaksanakan kegiatan-kegiatan pengamanan yang kaitannya dengan hari besar agama, dalam hal ini perayaan jumat agung dan paskah serta persiapan kita memasuki bulan suci Ramadhan.

"Jadi dengan segala daya dan upaya kekuatan yang ada di TNI khususnya Kodim 0906 Tenggarong ini sudah difungsikan secara total untuk perkuatan pengamanan. Seperti yang disampaikan Bupati dan Kapolres tadi kita akan membuat suatu kondisi yang aman nyaman di Kukar. Karena kita tidak mau lagi kecolongan seperti beberapa tahun lalu yang ada di Kukar, prinsipnya kita bergandengan tangan, dan hari ini merupakan suatu aktualisasi aparat keamanan TNI Polri dan seluruh stakeholder yang ada dengan pemda, kita bahu membahu untuk bisa mewujudkan ini dengan baik," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan Disini
Top