Batal Independen, Lewat Jalur Parpol

Batal Independen, Lewat Jalur Parpol

Pilkada
Pilkada
Photo: ist

KutaiRaya.com - 23/06/2015 01:16 WITA
Partai Politik (Parpol) manakah yang akan menjadi perahu Mugeni berlaga di Pilkada Kutim, masih tanda-tanya.
Ketua Pemenangan Mugeni "M" Center Jamian saat jumpa pers belum lama ini menegaskan batalnya Mugeni mau melalui jalur independen karena menjelang akhir pendaftaran ada kesepakatan dengan sebuah Parpol.

"Kini Mugeni mengalihkan ke Parpol karena sudah ada kesepakatan karenanya batal mendaftar melalui independen atau perseorangan meski dukungan masyarakat memenuhi syarat,"ujar Jamain.

Berdasarkan data yang diperoleh media ini kandidat akan berlaga di Pilkada mendatang menggunakan perolehan kursi Parpol di DPRD Kutim. Yang menarik diketahui enam Parpol sudah punya calon masing-masing seperti PPP dengan 6 kursi parlemen akan mengusung Ismunandar, ia didampingi Kasmidi Bulang yang diusung Hanura karena punya 3 kursi parlemen.

Sementara Mahyunadi diusung Partai Golkar, sementara pendampingnya diperkirakan Sobirin Bagus dari PKB. Gabungan kedua partai ini mencukupi syarat yakni 8 kursi, kemudian Demokrat yang punya 7 kursi parlemen akan mengusung Alfian Aswad yang bakal bergandeng dengan PKS yang punya 2 kursi di parlemen.

PKS dikabarkan mengusung Ardiansyah Sulaiman. Pasangan lainnya diperkirakan duet antara PDI Perjuangan dengan Nasdem yang bila digabung mumpunyai 8 kursi, PDIP sendiri menjagokan Agiel Suwarno sedangkan Nasdem menjadikan Ismail sebagai wakil.

Satu-satunya partai yang punya 4 kursi di parlemen yakni Gerindra, sementara partai lainnya PAN dan PKPI masing-masing 1 kursi.

"Gerindra sendiri berencana akan mengusung Novel sebagai kandidatnya, sepanjang ada teman jika tidak bergabung dengan partai yang sehaluan dengan Gerindra selama ini,"kata Novel sebagai Ketua DPC Partai Gerindra belum lama ini. (pk)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved