• Selasa, 15 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Kepala Badan Kesbangpol Kukar Rinda Desianti)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Badan Kesbangpol Kukar Rinda Desianti mengatakan, Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang dicanangkan menjadi Desa Bersih Narkoba (Bersinar) dan menjadi role model untuk Desa dan Kelurahan lainnya di Kukar dalam penanganan Narkoba.

"Dipilihnya Desa Bangun Rejo Tenggarong Seberang ini menjadi Desa Bersinar, karena Desa ini merupakan salah satu Desa yang masuk dalam 48 Desa atau Kelurahan di Kukar dengan kriteria bahaya penyalahgunaan narkoba dari hasil pantauan BNP Kaltim, kemudian kita juga sudah bertemu dengan Plt Camat dan Kadesnya dan responnya mengenai Desa Bersinar ini sangat mendukung," ungkap Rinda Desianti kepada kutairaya.com diruang kerjanya belum lama ini.

Rinda Desianti menjelaskan, dari 48 Desa atau Kelurahan di Kukar yang masuk kategori bahaya narkoba ini sesuai kriteria penilaian BNP Provinsi Kaltim, ada 8 indikator utama dan 5 indikator pendukung jadi ada nilainya, sehingga menempatkan mana-mana Desa atau Kelurahan yang masuk kategori siaga, waspada dan bahaya.

"Ketika sudah dicanangkan Desa Bersinar di Desa tersebut akan dibentuk 3 pokja, yakni pokja pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan, kami rencanakan pencanangan bisa dilakukan Maret ini dan untuk pelaksanaannya mulai dari sosialisasi, kegiatan pokja dan lainnya secara keseluruhan setelah lebaran nanti, kemudian saya juga mengusulkan dibuatkan sekolah Bersinar," terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini kita harap peran masyarakat dalam menangani penyalahgunaan narkoba, dan penetapan Desa Bersinar ini menindak lanjuti hasil pertemuan antara Kepala BNP Provinsi Kaltim dengan Bupati Kukar Januari 2021 lalu, mengingat program ini dari BNP Provinsi dan fungsi Pemkab Kukar dalam hal ini memberikan dukungan agar kegiatan ini berjalan dengan baik.

"Saya juga berharap, untuk kegiatan awalnya memang pemda dan BNP Kaltim terlibat tetapi kedepannya kegiatan ini sudah menjadi giatnya masyarakat," sambungnya.

Sebagai informasi, Desa Bersinar adalah desa yang mempunyai kesadaran untuk melindungai masyarakatnya dari bahaya narkoba. Diharapkan Desa Bersinar menjadi wadah yang mengakomodir masyarakat untuk bersama bergerak mencegah penyebaran penyalahgunaan narkoba di lingkup terkecil suatu daerah. (One)

Pasang Iklan Disini
Top