• Minggu, 20 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Kondisi jalan poros yang rusak di Desa Tani Harapan Kecamatan Loa Janan)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Masyarakat dan Pemdes Desa Tani Harapan Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara mengancam akan bergabung dengan Kota Samarinda jika jalan poros Desa yang rusak tidak segera diperbaiki.

Kades Tani Harapan Ismail mengatakan, sebenarnya usulan pembangunan jalan rusak tersebut sudah dari 2009 lalu, namun tidak pernah diluluskan dalam APBD Kukar.

"Kami dari masyarakat mengusulkan perbaikan jalan poros Tani Harapan dari 2009 silam, namun sampai sekarang tidak pernah masuk di APBD Kukar, dan jika tidak diperbaiki segera kami mengancam akan bergabung dengan Kota Samarinda," ungkap Kades Tani Harapan Ismail saat dihubungi, Senin (15/2) pagi.

Ia menjelaskan, perbaikan jalan poros tersebut sangat vital guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Mengingat jalan tersebut menghubungkan ke Kecamatan Palaran Samarinda dan juga tembus ke Kecamatan Muara Jawa. Masyarakat Desa harus berjibaku dengan perjuangan jika mau melintasi jalan poros yang rusak tersebut.

"Kalau kondisi hujan jalan tersebut licin, dan jika kering berdebu, dan ini kami rasakan bertahun-tahun, dan bukan hanya usulan perbaikan jalan poros saja tetapi yang bikin sakit hati di APBD 2021 tidak ada usulan program pembangunan yang masuk, baik skala sedang atau pun kecil," paparnya.

Ia mengatakan, karena tidak ada usulan perbaikan jalan tersebut di APBD 2021, maka membuat kami merasa dikucilkan dari Desa lainnya di Loa Janan. Karena Desa lainnya dapat, namun di Desa kami saja yang tidak dapat. Tentu keinginan bergabung dengan Kota Samarinda tepatnya masuk Kecamatan Palaran, bukan usulan pribadinya saja, melainkan keinginan masyarakat yang berharap ada sentuhan pembangunan dari Pemerintah Daerah.

"Tahun lalu program pembangunan dari Pemkab Kukar cuma satu program yakni pembuatan parit dengan panjang 100 meter. Karena sudah bersentuhan langsung antar daerah, tetapi yang juga masyarakat dan Pemdes Tani Harapan inginkan adalah perbaikan jalan yang rusak tersebut agar segera diperbaiki," tutupnya. (One)

Pasang Iklan Disini
Top