• Rabu, 23 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Kepala Dinas Kesehatan Kukar Martina Yulianti)



TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sebanyak 161 nakes dan 7 tokoh di Kabupaten Kutai Kartanegara kembali menerima suntikan vaksin Covid-19 untuk dosis kedua, di RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang, Kamis (28/1).

Kepala Dinas Kesehatan Kukar Martina Yulianti mengatakan, untuk tahapan vaksinasi ini sama dengan yang pertama dan para penerima vaksin pertama di Kukar ini tidak akan divaksin lagi.

"Kemudian mengenai apakah mereka yang sudah divaksin masih bisa tertular kemungkinan 35 persen, karena secara uji klinis efikesinya itu 65 persen vaksin sinovac ini aman tidak tertular lagi. Meskipun tertular itu dia tidak sakit berat, jadi vaksin ini bukan mencegah orang tidak tertular tetapi mencegah orang biar tidak sakit, walaupun tertular tapi statusnya adalah OTG," jelasnya.

Ia menuturkan, jika dilihat vaksinasi suntikan tahap pertama di Kukar, sudah berjalan tanpa kendala berarti dan sejauh ini belum menemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), karena seperti yang sudah disampaikan pemerintah bahwa vaksinasi ini aman dan sudah berjalan sesuai harapan.

"Saya juga berharap semoga nanti giliran vaksinasi untuk masyarakat Kukar juga bisa cepat seperti ini dan tidak ada kendala," terangnya.

Ia menambahkan, untuk sasaran gelombang kedua nanti pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat, karena saat ini di pusat sedang fokus menyelesaikan nakes di seluruh Indonesia, dan Kukar kebetulan dapat giliran pertama untuk tahap pertama, bersama 93 Kabupaten/kota yang lain se-Indonesia.

"Tahap berikutnya sedang baru kick off, kemudian ada yang baru kick off hari ini dan ada yang baru kick off kemarin, jadi Pak Menteri Kesehatan minta sekitar minggu kedua atau ketiga Februari sudah selesai semua suntikan vaksinasi kedua. Setelah itu baru masuk ke target grup yang menjadi prioritas kedua yakni TNI, Polri, Satpol PP hingga guru, " tutupnya. (One)

Pasang Iklan Disini
Top