• Kamis, 02 Juli 2020
logo
Pasang Iklan



Atlet renang Kukar torehkan prestasi yang membanggakan di ajang Open Water Swimmin (OWS) atau lomba renang perairan terbuka, dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Panajam Paser Utama (PPU) ke 13, dan mampu masuk ke jajaran elit dan menembus dominasi perenang-perenang nasional.

Sebagai informasi, kriteria penghargaan yang di berikan pada lomba OWS hanya peringkat 1-15. Ada dua atlit Kukar yang mampu menembus jajaran elit di 15 besar tersebut, yakni Erika Sinthya Bella diposisi keempat dan Latari Silvarianti diposisi ke 12.

Erika sendiri peraih medali 2 emas 3 perak dan 2 perunggu dinomor perorangan, serta 1 perak dan 2 perunggu dinomor estaefet pada Porprov 2014 lalu, di Samarinda. Dia pun masuk dalam tim renang Kaltim yang dipersiapkan pada PON Jabar akan datang.

"Alhamdulillah, dua atlit putri Kukar mampu menembus masuk jajaran elit OWT kali ini," kata Sekreatris Umum Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kukar, Ahmad Riyanto..

Riyanto menuturkan, dalam ajang ini Kukar mengirimkan atlitnya sebanyak 6 orang, 3 putra dan 3 orang putri. Khusus di bagian putri, atlit renang kukar mampu memberikan persaingan yang ketat terhadap atlit yang sudah berpengalaman, namun karena atlit Kukar pengalamannya yang minim akhirnya atlit putri kukar harus puas finis di urutan ke 4.

Untuk diketahui, renang perairan terbuka atau Open water swimmin (OWS) merupakan salah satu sub cabor Aquatik (renang, renang perairan terbuka, renang indah, loncat indah dan polo air). OWS merupakan salah satu cabor yang di perlombaan di multi event olahraga termasuk PON bahkan di olimpiade.

Pelaksanaa OWS di PPU dalam rangka memperingati hari jadi PPU yang ke 13. Event tersebut di gagas oleh dinas perhubungan, pariwisata dan komunikasi PPU bekerja sama dg Persatuan renang seluruh Indonesia (PRSI). Peserta atlit renang kaltim berasal Balikpapan, Kukar, Samarinda, Paser dan PPU, DKI, Jabar, Semarang, Sulsel, dan papua Barat dan sekolah olaraga Ragunan jakarta serta SKOI Kaltim.

Nomor utama dalam lomba ini adalah 6000 Meter putra/putri untuk skala nasional dan di perlombakan juga nomor untuk peserta loka 2000 meter dan 200 meter. Peranan yang ikut pada nomor lomba 6000m merupakan atlit yang sudah sering mengikuti kejuaraan OWS, sedangkan atlit Kukar untuk pertama kali mengikuti lomba tersebut.

Riyanto mengatakan, melihat hasil yang bagus ini maka atlit tersebut akan di persiapkan untuk PON 2016 mendatang, dan jika di tangani dengan serius dan benar, tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan yang terbaik dan menyumbangkan medali untuk Kalimantan timur.

"Kedepannya atlit tersebut akan di persiapan untuk prakualifikasi PON yang akan di laksanakan di AMBON seperti di informasi PB PRSI, "kata Rianto. (rid)

Pasang Iklan Disini
Top