• Kamis, 21 Januari 2021
logo
Pasang Iklan



(Penyerahan Vaksin Covid-19 ke Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - 7.040 dosis Vaksinasi Covid-19 tahap pertama dari Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim akhirnya tiba di Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara dengan menggunakan mobil operasional distribusi UPTD Instalasi Farmasi Kabupaten Dinkes Kukar dengan dikawal pihak kepolisian dan TNI, Selasa (12/1) siang.

"Sebanyak 7.040 dosis Vaksin Covid-19 yang telah tiba di Kabupaten Kutai Kartanegara ini akan kita simpan di Instalasi Farmasi Kabupaten sesuai dengan khaidah tata cara penyimpanan vaksin yang baik dan benar, yaitu dengan menjaga rantai dingin dimana vaksin tetap berada pada suhu minus 8 derajat Celcius sesuai dengan peraturan yang ada," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kukar Martina Yulianti kepada awak media.

Martina Yulianti mengatakan, vaksin ini nantinya akan kita distribusikan ke seluruh fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang telah terdaftar di Kutai Kartanegara untuk melakukan vaksinasi kepada seluruh nakes (tenaga kesehatan) yang sudah terdaftar. Dan untuk tahap pertama vaksinasi ini di Kaltim hanya diperuntukkan untuk dua daerah yakni Samarinda dan Kutai Kartanegara.

"Seluruh tenaga kesehatan yang sudah terdaftar di Kukar dengan jumlah 7.040 sekitar 82 % dari nakes yang akan tervaksin, jadi setiap orang itu akan menerima dua vaksin dengan jangka waktu 1 bulan, dan vaksin ini akan kami serahkan kepada kepala instalasi farmasi Kabupaten untuk disimpan sesuai dengan kaidah rantai dingin sampai nanti kita distribusikan dan di instalasi farmasi Kabupaten akan dijaga oleh teman-teman kita dari kepolisian dan TNI," terangnya.

Ia menjelaskan, vaksinasi ini untuk tahap pertama diperuntukkan bagi nakes beserta 10 orang tokoh yang telah ditentukan oleh pemerintah daerah untuk mengikuti kick off penyuntikan vaksin pertama kali pada 14 Januari 2021 pukul 09.00 wita di RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang.

"Kesepuluh tokoh tersebut terdiri dari pejabat pemerintah kemudian Forkopimda, tokoh agama dan juga influencer yang diharapkan bisa memberikan contoh kepada masyarakat yang lain agar nanti mau di vaksin pada tahap berikutnya tiba di Kukar," sambungnya.

Ia menambahkan, untuk jumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang nakesnya akan menerima vaksin adalah 3 Rumah Sakit, 39 Klinik swasta, 32 Puskesmas, 2 Dokter Praktek Mandiri, 2 UPT dibawah Dinkes Kukar yaitu gudang Farmasi dan Elektromedik, kemudian kantor Dinkes Kukar serta 8 Apotik jumlah nakesnya 4.253 yang divaksin tahap pertama.

"Kepada masyarakat Kukar saya sampaikan bahwa vaksinasi itu adalah suatu proses untuk menumbuhkan kekebalan pada manusia terhadap suatu penyakit dan vaksin itu adalah makhluk hidup atau kuman atau virus yang telah dilemahkan dan tidak berpotensi menimbulkan penyakit tujuannya supaya tubuh kita mengenal dan belajar untuk menghadapi dan melawan virus covid, dan harapan kami masyarakat Kukar agar tidak takut untuk divaksin karena itu membantu masyarakat agar terhindar dari penularan Covid-19," tandasnya.

Sementara itu, Asisten 1 Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat mengaku, Pemkab Kukar memberikan dukungan terkait dengan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat terhadap apa yang menjadi manfaat untuk kita semua termasuk vaksin ini, dan pejabat kami siap untuk divaksin terlebih dahulu. (One)

Pasang Iklan Disini
Top