• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sebanyak 20 tim dari 4 Negara mengikuti Festifal Dragon Boat Internasional Mahakam ke-2 atau The 2nd Mahakam International Dragon Boat Festival (MIDBF) 2015, dalam rangka Erau & International Folk Art Festival (EIFAF).

4 Negara yang terlibat dalam MIDBF 2015 tersebut yaitu Rusia, Australia, Malaysia dan Indonesia. Tuan rumah diwakili beberapa tim dari beberapa Provinsi yaitu Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, serta beberapa tim dari kabupaten/kota di Kaltim.

MIDBF 2015 yang dilaksanakan mulai 11-13 Juni 2015 itu kegiatannya dipusatkan di Pualu Kumala, dengan lintasan lomba alur sungai Mahakam antara pulau wisata tersebut dengan jalan Wolter Monginsidi Timbau, Tenggarong.

Ketua Panitia MIDBF 2015 Junaidi mengatakan, tahun ini merupakan yang ke dua kalinya Kukar sebagai tuan rumah MIDBF, setelah 2014 lalu Kukar sukses menggelar event yang pertama. Sehingga menurutnya Kukar telah tercatat sebagai anggota International Dragon Boat Federation (IDBF).

"Tercatatnya Kukar sebagai anggota IDBF itu, maka kita bisa melaksanakan MIDBF ini rutin tiap tahun," ujarnya.

Junaidi menerangkan, untuk nomor yang dilombakan pada tahun ini yaitu 500 meter putera, puteri, dan mix (campuran) 10 pendayung, 500 meter mix 20 pendayung, kemudian 1000 meter putera, puteri, dan mix (campuran) 10 pendayung, serta 1000 meter campuran 20 pendayung.

"Pemenang berhak atas hadiah berupa uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan," tuturnya.

Junaidi menambahkan, selain memacu perkembangan olahraga Perahu Naga daerah, MIDBF sekaligus dapat memperkenalkan Kukar di mata Internasional.
Menurutnya, Tenggarong dilintasi Sungai Mahakam dan keberadaan Pulau Kumala yang didalamnya terdapat Resort untuk menginap, sangat mendukung berlangsungnya MIDBF tersebut.

"Peserta dari luar negeri umumnya terkesan dengan tempat pelaksanaan MIDBF ini, karena pulau Kumala ini rindang dan cukup indah," ujarnya. (rid)

Pasang Iklan
Top