• Selasa, 22 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Tulus Sutopo, Kabid SD Disdik Kukar)


TENGGARONG, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar menggelar lomba baca dan tulis Al-Qur'an tingkat SD se-Kukar,pada 29 November sampai 1 Desember 2020, di hotel Grand Elty Singgahsana.

Plt Disdikbud Ikhsan Nor melalui Kepala Bidang (Kabid) SD Tulus Sutopo mengatakan, kegiatan lomba baca dan tulis Al-Qur'an di selenggarakan melalui berbagai rangkaian sebelumnya, untuk diketahui bahwa pemerintah daerah Kutai Kartanegara dalam RPJMD 2015-2020 tersebut telamemprogramkan GEMA (Gerakan Etam Mengaji) Kukar, untuk memimplementasikan kegiatan yang telah di rencanakan pemerintah Kabupaten Kukar dalam RPJMD, maka pihak Disdikbud selaku OPD mengaplikasikan melalui berbagai kegiatan.

"Dimana tujuan utamanya dalam program tersebut adalah membudayakan Al-Qur'an di kalangan khusus umat muslim di Kukar para siswa siswi kita" paparnya

Lanjut dia, untuk lebih mengoptimalkan kegiatan lomba baca dan tulis tersebut, tentu perlu adanya persiapan persiapan yaitu adanya perbub Gema No 24 tahun 2016, kemudian pihak Disdik menyiapkan pembinanya untuk mensosialisasikan ke sekolah di setiap kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S),setelah itu program program dilaksanakan di sekolah. pihak Disdikbud menyiapkan pembinanya dan pembekalannya, dimana pembina tersebut akan di ikutkan Bimtek.

"Setelah mengikuti Bimtek untuk pembina tersebut di minta untuk mempersiapkan lomba peserta didiknya, masing masing Kecamatan hanya mendapatkan Kuota 3 peserta didik dengan 5 kategori perlombaan," Ucap Tulus, Rabu (2/12/2020).

Ia menambahkan, terdapat 5 kategori yang di lombakan yaitu, tilawah, tartil, fahmil, karya tulis Al-Qur'an, kaligrafi kontemporer, dimana tujuan di gelarnya lomba baca dan tulis tersebut yaitu, untuk mengukur tingkat keberhasilan satuan pendidikan dalam membina siswa siswinya, seberapa tingkat Qur'ani hati para guru anak anak SD, memberikan apresiasi kepada siswa siswi, dimana semakin banyak apresiasi untuk siswa, maka siswa tersebut semakin berkompetisi.

"Untuk peserta lomba tersebut sebanyak 54 peserta, setiap kecamatan mengirimkan 3 peserta didiknya dan 3 pendamping, jika di total keselurahannya yaitu 108 orang yang turut hadir dalam perlombaan di grand elty," tuturnya. (mad/ADV Diskominfo)

Pasang Iklan Disini
Top