• Selasa, 22 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Objek wisata Bekantan 'Ekoriparian Sungai Hitam)



TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Tak ada habisnya jika kita berbicara objek wisata di Kukar, karena banyak sekali objek wisata yang dapat kita jumpai di Kukar, mulai dari wisata alam, agrowisata sampai Wisata Bekantan 'Ekoriparian Sungai Hitam' di Kecamatan Samboja.

Untuk objek wisata Bekantan "Ekoriparian Sungai Hitam ini dijelaskan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kukar Tauhid Afrilian Noor, bahwa objek wisata ini dikelola oleh swasta yang bekerja sama dengan BKSDA serta dibantu juga dari PT Pertamina, bahkan di akhir pekan tingkat kunjungan wisatawan meningkat.

"Objek wisata Bekantan 'Ekoriparian Sungai Hitam' ini sangat bagus karena pengelola secara tidak langsung juga melestarikan lingkungan dan bekantan disana juga tidak terganggu hingga saat ini jumlahnya mencapai 600an ekor, " ungkapnya.

Ia mengatakan, karena objek wisata ini melestarikan lingkungan dan banyak sekali bekantan, maka menjadi daya tarik tersendiri bagi turis mancanegara yang berkunjung karena mereka lebih suka objek wisata seperti ini.

Ia kembali menjelaskan, wisata ini merupakan Wisata Menyisir Sungai Hitam menggunakan perahu tradisional dengan mesin ketinting untuk melihat satwa bekantan yang ada dipepohonan pinggiran sungai hitam.

"Daya tariknya adalah kehidupan liar para bekantan itu. Bekantan tergolong berbeda dari hewan-hewan jenis primata lainnya seperti kera, lutung, orangutan, dan lain-lain, dan ini kedepan prospek wisatanya sangat bagus dan pemerintah daerah siap mendukung objek-objek wisata yang dikelola swasta, " tutupnya.
(One/ADV Diskominfo)

Pasang Iklan Disini
Top