• Sabtu, 28 November 2020
logo
Pasang Iklan



(Sutarno, Kades Sumber Sari Loa Kulu)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu bukan hanya terkenal dengan wisatanya tetapi juga di sektor pertaniannya, tak heran jika BUMDes Desa Sumber Sari bergerak di bidang pertanian.

Menurut Kepala Desa Sumber Sari Sutarno, pertanian adalah bidang yang sangat menjanjikan di masa depan. Terutama bagi warga pedesaan. Usaha pertanian butuh lahan yang luas dan subur, maka peluang ini sangat potensioal dikembangkan oleh warga di pedesaan.

"Penduduk desa kami kebanyakan berprofesi sebagai petani, maka BUMDes yang kita jal, Saprodi yang mencakup semua alat-alat pertanian, obat, pupuk dan bibit kemudian juga kedepan akan kita kembangkan menjual alat-alat bangunan, " ungkap Kepala Desa Sumber Sari Sutarno kepada kutairaya.com diruang kerjanya belum lama ini.

Kades Sutarno mengatakan, BUMDes kita sudah berjalan sejak 4 tahun lalu, selain menjual Saprodi dan alat-alat bangunan kita juga akan menambah usaha untuk penyediaan alat panen seperti combine.

"Alat combine ini berfungsi untuk memotong tanaman yang masih berdiri, menyalurkan tanaman yang terpotong ke selinder, merontokkan gabah dari tangkai atau batang, memisahkan gabah dari jerami dan bisa juga untuk m gabah dengan cara membuang gabah kosong dan benda asing, " jelasnya.

Ia menambahkan, untuk alat pertanian combine di Desa Sumber Sari masih kurang dan ini akan kita rencanakan kedepan untuk usaha penyediaan alat combine di BUMDes, dan dengan alat combine ini panen lebih efektif dan efisien terutama dari segi waktu panen dapat lebih cepat, selain itu gabah tidak berceceran sehingga losis hanya dua persen dan tidak perlu dilakukan lagi pembersihan gabah dalam karung.

"Kedepan kita terus kembangkan BUMDes yang ada serta usaha lainnya sambil berjalan untuk dapat menambah penghasilan asli Desa, "harapnya.
(one/adv)

Pasang Iklan Disini
Top