• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Peternakan sapi di Kukar)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar Sutikno memastikan, sektor peternakan khususnya peternakan sapi di Kukar masih terbaik se Kaltim.

"Ini dapat dilihat dari segi pembinaan dan pengembannya, bahkan untuk pengembangannya di Kukar sudah menggunakan sistem perkawinan Inseminasi Buatan (IB), " ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno, diruang kerjanya baru-baru ini.

Bahkan dikatakan Sutikno, sesuai data di Kukar peternakan sapi saat ini mencapai 29.000 sampai 30.000 ekor dan terbanyak berada di Kecamatan Anggana.

"Dan untuk pengembangannya kita bukan tradisional lagi seperti perkawinan secara alami, tetapi saat ini kita memakai sistem perkawinan Inseminasi Buatan (IB) sesuai anjuran Kementrian, "ungkap Sutikno.

Tikno sapaan akrabnya menambahkan, jika kita ingin melihat ternak sapi di Kukar yang banyak dikembangkan secara digembalakan paling banyak di daerah Jonggon, bahkan di Jonggon saat ini merupakan sentral pertanian dan peternakan, misal pertanian jagung disana ada dan pengembangan sapi juga ada.

"Dan sapi yang digembalakan di Jonggon saat ini jumlahnya hampir 2.000 ekor, ini baru data peternakan sapi, belum kerbau dan kambing, untuk itu wajar peternakan Kukar terbaik se Kaltim, "tuturnya.

Untuk kondisi peternakan di Kukar lanjutnya, saat ini sudah menggeliat dan kedepan peternakan di Kukar sudah modernisasi berjalan dan fasilitas kita berikan termasuk alat untuk IB.

"Dan kedepan tidak menutup kemungkinan peternakan ini menjadi banyak yang menggeluti dan bisa menjadi sumber pemasukan bagi masyarakat Kukar," pungkasnya
(one/adv)

Pasang Iklan
Top