• Selasa, 22 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Sutikno)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno mengatakan, keberadaan Taman Tekhnologi Pertanian (TTP) di Kecamatan Tenggarong Seberang menjadi tempat edukasi, pendidikan bagi putra putri kita maka akan kita kelola dengan baik.

"Dan TTP ini sudah dibantu dari Dewan Riset Daerah (DRD) Kukar, kita intens mengadakan pembinaan dan menggandeng beberapa stakeholder, tahun ini dengan panah merah yang merupakan prodak benih sayuran, dan ini menjadi pilot projek kita untuk sistem pertanian yang maju dan menjadi acuan pusat pelatihan serta rekomendasi, "ujarnya.

Selain itu lanjutnya, kedepan di lokasi TTP seluas 3 hektare ini juga akan kita rekomendasikan menjadi daerah dasar benih sebar terutama jagung, kita juga sudah kerjasama dengan BPTP Kaltim.

"Program TTP ini awalnya bekerja sama dengan BPTP serta perusahaan, kita mencoba membuat lahan eks tambang yang dikatakan sebagian masyarakat daerah yang kurang subur tapi apabila dikelola dengan baik maka hasilnya juga baik, " terangnya.

Ia menambahkan, Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Desa Bangun Rejo, Tenggarong Seberang juga merupakan center of excellence, wadah temu bisnis petani dan pengusaha serta tempat pelatihan pertanian dan magang petani serta stakeholder daerah.

"TTP Bangun Rejo juga dihadirkan melalui pendekatan inovasi teknologi Balitbangtan untuk peningkatan produksi pertanian sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani, "tuturnya.

TTP tersebut lanjutnya, juga berguna mendukung pembangunan pertanian daerah dan menumbuhkan minat wirausaha baru yang bergerak di bidang pertanian mulai hulu hingga hilir.

"Dan merupakan satu-satunya yang dibangun di lahan pasca tambang batu bara. TTP ini bisa menjadi tempat bimbingan teknik, pelatihan, sumber informasi teknologi bagi warga Kaltim, termasuk Kukar, "pungkasnya. (One/adv/diskominfo)

Pasang Iklan Disini
Top