• Kamis, 18 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Penyerahan APK dan BK



TENGGARONG (KutaiRaya.com) - KPU Kukar serahkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kukar 2020, kepada tim kampanye paslon Edi-Rendi untuk kegiatan kampanye, di gudang KPU Kukar Kamis (12/11).

KPU Kukar diwakili Sekertaris KPU Kukar Solihin, sementara tim Paslon Edi-Rendi diwakili Wawan, disaksikan perwakilan Bawaslu Kukar dan Polres Kukar.

Sekertaris KPU Kukar Solihin mengatakan, sesuai dengan peraturan KPU RI nomor 11 pasal 23 dan pasal 28, bahwa KPU Kabupaten memfasilitasi pencetakan bahan kampanye paling banyak 100% dari jumlah Kepala Keluarga, dan KPU juga memfasilitasi pencetakan umbul-umbul, baliho dan spanduk.

"Jadi logistik APK dan BK yang kita serahkan yakni APK berupa baliho calon 5 buah, kemudian BK diantaranya selebaran, brosur, pamflet dan poster masing-masing 251.174 lembar, "jelas Solihin.

Solihin mengakui, ada keterlambatan pengadaan oleh pihak penyedia, dimana sesuai dengan kontrak pelaksanaan pengadaan APK dan BK dilaksanakan lebih kurang 1 bulan mulai tanggal 1 sampai 31 Oktober 2020 dalam penyediaan barang dari pihak penyedia sampai ke gudang KPU Kukar ternyata ada keterlambatan dalam pengadaan, karena penyedia bukan hanya satu saja yang dikerjakan tetapi ada beberapa KPU di Indonesia yang juga melakukan pencetakan bahan kampanye.

"Sehingga mengakibatkan ada APK umbul-umbul dan spanduk yang belum tiba, sedangkan bahan kampanye lain sudah tiba di gudang KPU Kukar dan telah kita serahkan kepada perwakilan tim Paslon Edi-Rendi, dan dari pihak penyedia memastikan umbul-umbul dan spanduk baru tiba Jum'at (13/11) besok di gudang KPU Kukar, " terangnya.

Sementara itu, perwakilan tim Paslon Edi-Rendi, Wawan menuturkan, keterlambatan penerimaan APK dan BK akan menjadi evaluasi kami sebagai peserta Pilkada Kukar, karena sesuai regulasi ada jatah kampanye selama 71 hari secara umum, tapi dihari ke 48 kami baru terima APK dan BK.

"Artinya bagi kami suatu kerugian karena APK dan BK yang memuat program unggulan dan visi misi justru kita baru terima, dan ini menjadi bahan evaluasi kita dan kita sebenarnya juga berharap ketika Paslon Edi-Rendi dalam Pilkada Kukar telah ditetapkan oleh KPU Kukar sebagai peserta, APK dan BK juga harus tersedia, "harapnya.

Ia menambahkan, kalaupun ada keterlambatan pengadaan APK dan BK kami berharap tidak lebih dari 10 sampai 15 hari masa kampanye, mengingat geografis Kukar cukup luas di 18 Kecamatan, kita juga memastikan di sisa masa kampanye bahan kampanye ini sudah harus didistribusikan kepada masyarakat Kukar yang memiliki hak pilih.

"Apalagi bahan kampanye dicetak 100 persen dari jumlah KK di Kukar, dan ini menjadi pekerjaan bagi kami sebagai tim bagaimana seluruh bahan kampanye ini bisa kita sebarkan ke 18 Kecamatan dengan waktu sisa masa kampanye tidak lebih dari satu bulan, "uturnya.

Seharusnya lanjut Wawan, dipekan ketiga bulan Oktober APK dan BK sudah diserahkan, tapi ada beberapa penjelasan dari KPU Kukar ada keterlambatan dari pihak penyedia karena memang proses pengadaan ini melalui proses lelang.

"Yang jelas kami saat ini belum bisa distribusikan bahan kampanye, selain karena faktor biaya dan waktu, tetapi kita juga menunggu APK lainnya yang belum tiba seperti umbul-umbul dan spanduk, "tandasnya. (One/adv)

Pasang Iklan
Top