• Sabtu, 28 November 2020
logo
Pasang Iklan



(Potensi Pariwisata Pantai Duta Pemedas Samboja Kutai Kartanegara Menjanjikan)



TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Destinasi wisata pantai di Kukar tidak kalah dengan daerah di Kaltim lainnya seperti pantai yang ada di Balikpapan.

Di Kabupaten Kukar tepatnya di Kecamatan Samboja juga memiliki keindahan panorama pantai, salah satunya yakni pantai Duta Pemedas Samboja yang baru beroperasi sejak sepuluh bulan lalu.

"Pantai Duta Pemedas Samboja memiliki hamparan pantai sepanjang kurang lebih 850 meter dan ketika air surut kita bisa menikmati pantai itu sekitar 100 meter, kemudian fasilitas yang disediakan ada kursi santai, 17 toilet, lalu ada beberapa gazebo untuk tempat istirahat dan ada juga beberapa motor ATV yang digunakan sebagai salah satu hiburan untuk para pengunjung yang datang, "ungkap humas pengelola pantai Duta Pemedas Samboja Zainal Abidin.

Zainal Abidin menjelaskan, untuk tiket masuk ke pantai juga sangat terjangkau, yakni mobil Rp 30.000 dan motor Rp 10.000, kemudian untuk gazebo disewakan Rp 50.000 per 3 jam dan jika ingin menginap cukup membayar Rp 100.000, dan untuk motor ATV disewakan Rp 50.000 per 15 menit.

"Untuk waktu dibukanya pantai ini mulai pukul 07.00 wita pagi sampai sore, dan bagi pengunjung yang ingin camping di pantai ini jangan khawatir karena kami tetap melayani, dan untuk penjagaannya kami sudah berkoordinasi dengan pihak Muspika Kecamatan Samboja, ini kita lakukan agar pengunjung merasa nyaman selama berada di pantai Duta Pemedas, "terangnya.

Zainal Abidin mengaku, pengelola destinasi pantai Duta Pemedas Samboja ini telah bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kukar dan Dinas Pariwisata Kaltim terkait perijinan legalitas yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), kemudian kami juga sudah melaksanakan sosialisasi pelatihan pemandu wisata, dan juga kami telah bekerjasama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia.

"Karena kita juga telah bekerja sama "engan Tour and Travel, kedepan rencananya kita akan buat paket wisata yang menarik untuk menggaet pengunjung datang ke pantai Duta Pemedas Samboja, "harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kukar Tauhid Afrilian Noor mengatakan, pantai Duta Pemedas Samboja ini pengelolanya adalah swasta dan telah memiliki Pokdarwis dan kami sangat mengapresiasi, meskipun saat ini masih dimasa pandemi pantai ini tetap dibuka untuk umum, tapi kami berpesan agar tetap melaksanakan penerapan protokol kesehatan covid-19.

"Kita pasti mensuport destinasi wisata yang ada diKukar sekalipun itu dikelola oleh pihak swasta, apalagi saat ini tingkat pengunjung ke destinasi wisata pantai cukup tinggi, namun kita tetap berpesan kepada pengelola untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19 di lokasi wisata, "tandasnya. (One/adv)

Pasang Iklan Disini
Top