• Selasa, 22 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



Maket Ruko setelah rampung 2 pintu akan dijadikan apotek pertama di Desa Muara Kaman Ulu



TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Desa Muara Kaman Ulu yang berlokasi di induk Kecamatan Muara Kaman memiliki tenaga dokter dan beberapa sarjana apoteker, namun untuk keberadaan apotek di Desa tersebut belum ada hanya tempat penjualan obat di toko atau warung biasa, berangkat dari kondisi ini Kepala Desa Muara Kaman Ulu Hendra melalui BUMDes yang baru terbentuk pada rencana awal akan membuat apotek.

"Saya baru menjabat Kades Muara Kaman Ulu sejak 6 Desember tahun lalu dan BUMDes ini juga baru terbentuk Desember lalu, maka perencanaan perdana BUMDes ini saya arahkan dibidang kesehatan dengan membuka apotek, karena selain di Desa Muara Kaman Ulu belum ada apotek dan disini sudah ada beberapa sarjana apoteker maka kita berdayakan dengan membuka apotek, " ungkap Hendra.

Hendra mengatakan, untuk mewujudkan apotek ini rencananya kita akan tempatkan di komplek bangunan pasar yang saat ini masih dalam proses pengerjaan, dan jika selesai pengerjaan di pasar ini nanti terdapat sekitar 40 lapak dan bangunan 6 ruko dengan ukuran per ruko 3x3 meter, untuk 4 ruko akan disewakan sedangkan 2 ruko ini akan kami jadikan tempat apotek.

"Artinya BUMDes kami tidak perlu lagi mencari tempat usaha baru, hanya menempati ruko yang sudah ada tinggal bagaimana mengembangkan apotek tersebut, " terangnya.

Pada dasarnya lanjut Hendra, dulu perencanaan BUMDes awal saya tidak membuka apotek tetapi karena melihat kondisi komplek pasar akan rampung Desember, kemudian peluang apotek juga cukup besar untuk menjadi sumber pendapatan BUMDes, maka perencanaan perdana kita buka usaha apotek terlebih dahulu.

"Perencanaan saya akan menggelontorkan dana untuk membuka apotek ini sekitar 100 sampai 150 juta, sudah termasuk pengurusan ijin apotek sampai pemenuhan kebutuhan di dalam ruko tersebut, " terangnya.

Dirinya berharap, dengan adanya apotek ini masyarakat Desa Muara Kaman Ulu dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mencari obat-obatan yang lengkap cukup ke apotek tersebut, dan dengan adanya apotek ini juga menghindari penjualan obat-obatan ilegal.

"Dengan adanya apotek ini saya juga berharap masyarakat sekitar nantinya bisa memanfaatkannnya dan keuntungan dari apotek ini pasti akan dialokasikan kembali untuk masyarakat desa. Dengan begitu Desa Muara Kaman Ulu Kecamatan Muara Kaman ini bisa menjadi desa yang mandiri, " harapnya.


(one/adv)

Pasang Iklan Disini
Top