• Rabu, 16 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Cawabup Rendi Solihin saat bertemu dengan warga Loa Kulu)


TENGGARONG, Senin (28/9/2020) Calon Wakil Bupati Rendi Solihin mendatangi warga di Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu.

Dengan menggelar kegiatan ngopi bareng, Rendi Solihin datang langsung menemui masyarakat untuk menyerap aspirasi warga. Di sebuah warung bernama Warkop Dua Bersaudara, Rendi bersama unsur masyarakat berdiskusi untuk membahas kemajuan Desa Loa Sumber.

Dalam pertemuan tersebut, warga tak segan menyampaikan sejumlah aspirasi. Di antaranya terkait ikon desa di sektor pariwisata, kuliner dan pertanian.

Rendi Solihin pun menyadari jika Sumber Sari memiliki potensi pertanian dan pariwisata yang begitu menjanjikan. Termasuk beragam makanan tradisional yang banyak diolah dari Loa Kulu. Salah satu kawasan ikonik desa, yang sering didatangi wisatawan adalah kawasan puncak di gunung Bukit Biru. Tak hanya warga Kukar, pegunungan yang masih asri ini, kerap didatangi sejumlah komunitas pecinta alam dari luar daerah.

Untuk mendukung sektor pertanian tersebut, ia pun memastikan jika turut menyiapkan bantuan peralatan di sektor pertanian, serta pembuatan 120 embung untuk sarana pendukung pertanian. Termasuk upaya membangun jalan-jalan usaha tani untuk memudahkan distribusi hasil pertanian.

"Kami berharap peralatan panen untuk pertanian di Loa Kulu bisa dibantu. Supaya juga bisa meningkatkan lagi hasil panen di Sumber Sari,"ujar

Taufik, Ketua BUMDes Sumber Sari. Rendi Solihin juga mengunjungi salah satu rumah warga bernama Ramli, di RT 19, Desa Loa Kulu Kota, Kecamatan Loa Kulu. Di rumah tersebutlah, Rendi Solihin kembali menyampaikan berbagai program untuk kemajuan Kukar.

Di antaranya program satu RT bantuan Rp 50 juta. Kabar baik ini pun disambut masyarakat yang menjadi peserta kampanye hari itu. Selai itu, juga disampaikan program BPJS gratis bagi 20 ribu warga prasejahtera serta beasiswa tematik di Kukar.

"Semoga kehadiran pemuda, bisa membuat masyarakat Kukar menjadi lebih cepat berkembang," ujar seorang warga.

Edi Damansyah - Rendi Solihin juga mendapat doa restu dari tokoh agama asal Loa Kulu Asia Mahar. Di rumahnya tersebut, Asia Mahar secara khusuk berdoa dan menyampaikan sejumlah nasihat kepada Paslon Edi-Rendi untuk memimpin Kukar dengan baik.

"Semoga dimudahkan jalannya nak. Mungkin nanti ketika memimpin tidak mudah, tapi lalui saja dengan niat yang ikhlas," ujar Asia.

Edi Damansyah sendiri dalam masa kampanye mendapat banyak apresiasi dari warga. Terutama terhadap upaya mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas di Kukar. Meski bersinggungan dengan aktivitas tambang, namun warga Loa Kulu merasa keberlangsungan pertanian masih menjadi fokus program Edi Damansyah selama menjadi Bupati Kukar.

Edi Damansyah pun mengatakan akan terus berupaya meningkatkan hasil pertanian di Kukar. Selain membuat teknologi hasil pertanian lebih modern, juga menyiapkan sumber pengairan yang baik. Salah satunya dengan membuat sistem irigasi yang maksimal. Misalnya program pembuatan embung di seluruh kantung pertanian di Kukar.

"Sebagian lahan pertanian di Kukar ada yang sifatnya tadah hujan. Jadi masih bergantung pada musim hujan. Makanya ini yang terus kita lakukan pembenahan," kata Edi Damansyah.

Tiga desa yang menjadi sasaran kunjungan Edi Damansyah yaitu Desa Ponoragan, Loa Sumber dan Rempanga. Seperti biasa, kunjungan Edi Damansyah di desa-desa selalu mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat.

Edi pun menyampaikan permohonan maafnya karena tidak bisa mengakomodir kedatangan masyarakat lebih banyak. Pasalnya, jumlah warga yang diperbolehkan mengikuti kampanye hanya 20 orang.

"Batin saya sebenarnya tidak nyaman. Karena pasti masyarakat lain banyak yang juga ingin ke ikut berdialog dengan kami. Tapi tentu saja, kami juga mendukung program pencegahan penanganan Covid-19, dengan melakukan pembatasan peserta kampanye," kata Edi lagi.

Rendi Solihin mengaku selama masa kampanye, sangat terbantu dengan kiprah kepemimpinan Edi Damansyah yang sudah sangat baik di mata masyarakat. Sehingga, ia pun tinggal menyampaikan program kolaborasi antara dirinya dengan Edi Damansyah. Termasuk berupaya mendorong peran pemuda di Kukar dalam memajukan Kukar.

"Alhamdulillah, masyarakat banyak sekali memberikan masukan. Kami tentunya senang karena antusiasme masyarakat itu berarti menunjukan kita ini tidak berjarak dengan masyarakat. Ke depan, keterbukaan seperti ini, akan tetap kita jaga,"ujar Rendi Solihin.
(kr1)

Pasang Iklan Disini
Top