• Selasa, 22 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Kegiatan kampanye pasangan Edi-Rendi di Tenggarong Seberang, Minggu (27/9/2020)


TENGGARONG, Dihari kedua masa kampanye tepatnya Minggu (27/9/2020), Paslon Pilkada Kukar Edi Damansyah - Rendi Solihin mendatangi Desa Separi dan Desa Suka Maju.

Masyarakat begitu antusias menerima kedatangan dua tokoh politik di Kukar itu. Sekitar Pukul 10.00 Wita, rombongan tim pemenangan Edi-Rendi tiba di RT 12, Desa Separi, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Secara geografis, desa ini berdekatan dengan Kecamatan Sebulu. Rumah tokoh warga setempat bernama Saifuddin, menjadi lokasi Edi-Rendi menyampaikan visi-misinya tersebut. Selain tokoh masyarakat serta tim pemenangan, juga tampak hadir politisi PDI-P Sugeng Hariadi dan Politisi Golkar Johansyah.

Dalam kesempatan itu, Saifuddin menyampaikan terimakasih atas upaya Edi Damansyah yang dianggap sering turun ke desa-desa. Salah satu yang begitu terasa lanjut dia, keberadaan masjid desa, yang percepatan pembangunannya terdapat campur tangan Edi Damansyah.

"Alhamdulillah, Pak Edi Damansyah sering ke desa kami. Beliau juga sering menggelar safari subuh. Sampai akhirnya, beliau minta agar pembangunan masjid juga bisa dilakukan dengan gotong-royong. Saat itu juga, ternyata perusahaan mendengar kata-kata bapak," katanya.

Sementara itu, masjid megah berkapasitas 800 orang itu, kini sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat. Saifuddin juga berharap Edi Damansyah juga terus melanjutkan program pertanian di Kukar. Termasuk Desa Separi yang menurutnya memiliki potensi besar untuk sektor tersebut. Ia pun memastikan, warga Desa Separi akan setia untuk memilih Edi-Rendi dalam Pilkada Kukar pada 9 Desember mendatang.

Mestinya, banyak warga yang ingin langsung datang melihat dan menyambut kedatangan Edi-Rendi. Hanya saja kata dia, kondisi protokol Covid-19, mengharuskan jumlah warga yang hadir disampaikan.

"Kami ini setia pak untuk memilih dan mengawal kemenangan bapak nantinya. InsyaAllah, selanjutnya, kembali Pak Edi yang terpilih," katanya.

Di Kecamatan Tenggarong Seberang, juga telah terbentuk komunitas pendukung Edi Damansyah - Rendi Solihin, yang diberi nama FoR Kukar. Edi Damansyah mengatakan, kepanjangan FoR Kukar adalah Forum Rakyat.

Filosofi FoR Kukar itu kata dia, merupakan harapan tokoh masyarakat dari 18 kecamatan, yang meminta untuk dirinya kembali maju mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Dalam kesempatan tersebut, Edi Damansyah menyampaikan sejumlah program keagamaan. Hal ini juga sebagai wujud dari upaya membangun Sumber Daya Manusia berbasis Iman dan Taqwa.

Beberapa program yang akan mendukung, seperti prorgam satu pesantren mendapat bantuan Rp 100 juta. Selain itu juga ada program satu desa satu Tahfiz dan Gerakan Etam Mengaji. Sejumlah beasiswa bagi para Tahfiz menurutnya juga telah disiapkan. Untuk di Kecamatan Tenggarong Seberang kata Edi menjadi salah satu penopang sektor pertanian di Kaltim. Untuk pasokan beras di Kaltim, sebagian besar berasal dari Kukar. Sedangkan Kecamatan Tenggarong Seberang, tercatat memiliki potensi pertanian yang sangat besar.

Selain keberadaan lahan, kepemimpinan Edi Damansyah - Rendi Solihin kedepan akan menyiapkan SDM para petani yang lebih baik. Hal ini diyakini akan mendorong hasil potensi pertanian di Kukar. "Begitu juga dengan kesiapan penguatan prioritas pemberian gizi pada anak. Baik di Puskesmas, hingga persiapan pemberian kader posyandu di seluruh desa di Kukar," tambahnya.

Dalam kesempatan kampanye di Hari Kedua, Edi - Rendi juga menyampaikan akan menganggarkan Rp 50 juta untuk tiap se-RT. Hal ini juga untuk mendukung kerja-kerja perangkat pemerintah di tingkat RT. Begitu juga pemberian BPJS Kesehatan gratis kepada perangkat desa, RT dan warga pra sejahtera.

Sementara itu, Rendi Solihin menyebut Kukar sudah seperti miniatur Nusantara. Sehingga kata dia, banyak pemuda potensial yang bisa berkontribusi besar membangun desa. Ia pun berharap, perannya sebagai bagian salah satu pemuda di Kukar bisa berkontribusi untuk kemajuan SDM di kalangan Pemuda tersebut. Warga Desa Separi dan Desa Suka Maju pun dengan sukarela melakukan simulasi pencoblosan surat suara.

Warga simpatisan melakukan simulasi dengan menyoblos surat suara yang ada gambarnya. "Kita doakan beliau terpilih kembali menjadi Bupati Kukar," kata Saifudin yang juga Ketua Pengurus Masjid di Desa Separi, Tenggarong Seberang.

Warga pun tak segan menyampaikan sejumlah masukan kepada Edi-Rendi. Di antaranya, terkait sektor kesehatan dan pertanian dalam kampanye hari kedua itu. Dialog interaktif pun dilakukan dua arah untuk menyerap aspirasi warga tersebut.
(kr1)

Pasang Iklan Disini
Top