• Kamis, 24 September 2020
logo
Pasang Iklan



KPU Kukar saat menyampaikan hasil tes kesehatan.


TENGGARONG (kutairaya.com) - Hasil tes kesehatan Bakal Paslon Edi Damansyah dan Rendi Solihin penuhi syarat untuk melanjutkan tahapan Pilkada selanjutnya.

Hal ini sesuai pleno hasil pemeriksaan kesehatan Bakal Calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kukar, di RSUD AM Parikesit Rabu (16/9).

Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra mengatakan, pihaknya telah menerima hasil pleno dari tim pemeriksa terkait dengan salah satu tahapan dalam pencalonan Pilkada yaitu tes kesehatan, dimana tes tersebut melingkupi beberapa hal terkait kesehatan sendiri, jasmani dan rohani.

"Kesimpulan hasil pemeriksaan kesehatan Paslon tersebut ditetapkan oleh tim pemeriksa dari RSUD AM Parikesit, dan tim pemeriksa terdiri dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) memenuhi syarat, "ungkap Nando sapaan akrab Ketua KPU Kukar.

Erlyando menambahkan, untuk tahapan selanjutnya kami masih melakukan verifikasi syarat calon, kemudian hasil tes kesehatan ini juga akan kita kumpulkan sebagai hasil untuk penetapan calon, selanjutnya penetapan Paslon pada 23 September mendatang, dan pengundian nomor urut di tanggal 24 September 2020.

Sementara itu, perwakilan IDI Kukar dr. Rajdiman mengungkapkan, untuk pemeriksaan Paslon tersebut pihaknya sudah melakukan pemeriksaan semua bidang meliput pemeriksaan fisik, pemeriksaan mental dan diperkuat lagi dengan pemeriksaan psikis dari Himpsi dan terakhir pemeriksaan noksa yang dikerjakan oleh BNN.

"Kami bersyukur dalam tahapan pemeriksaan ini berjalan dengan baik dan kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yakni KPU dan Bawaslu Kukar yang juga mengikuti tahapan dari awal, "tuturnya.

Dr. Radjiman menjelaskan, pemeriksaan kesehatan Paslon telah ada juknisnya dan hasilnya telah kami serahkan ke KPU Kukar serta Paslon, untuk pemeriksaan ini dilakukan selama kurang lebih 8 jam untuk pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisik dan mental, kemudian pemeriksaan USG, pemeriksaan jantung dengan treatmel EKG, pemeriksaan mata, telinga, hidung, tenggorok dan lainnya.

"Pemeriksaan ini ada hal yang menarik yakni pemeriksaan saraf ada pemeriksaan kejiwaan dan juga psikologi, jadi ini penahbisannya sangat banyak, maka dari hasil rapat pleno kami nyatakan bahwa secara keseluruhan pemeriksaan Paslon Edi Damansyah dan Rendi Solihin memenuhi syarat, " tegasnya. (One)

Pasang Iklan Disini
Top