• Rabu, 23 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Pendaftaraan dimasa perpanjangan yang dilakukan AYL)



TENGGARONG (kutairaya.com) - Bakal Calon Bupati Kukar Awang Yakub Luthman didampingi LO dan pendukungnya, mendaftar ke Kantor KPU Kukar di hari terakhir perpanjangan pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kukar pada Pilkada Kukar 2020 Minggu (13/9) malam.

Dari pantauan media ini, Awang Yakub Luthman hanya didampingi LO dan beberapa pendukungnya tiba di kantor KPU Kukar sekitar pukul 22.00 wita, kemudian dilanjutkan pemeriksaan berkas pasangan calon.

Usai dilakukan pemeriksaan berkas pendaftaran, Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra mengumumkan, bahwa hasil penelitian dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon Awang Yakub Luthman dan Suko Buono, adalah persyaratan pencalonan dan kelengkapan calon lengkap sementara keabsahan tidak memenuhi syarat dan persyaratan calon lengkap.

"Dengan hasil penelitian tersebut, maka pendaftaran bakal Paslon Awang Yakub Luthman dan Suko Buono ditolak, "tegas Nando sapaan akrabnya.

Erlyando mengaku, dalam pendaftaran tersebut untuk yang tidak memenuhi syarat yakni ketidak hadiran Ketua dan Sekretaris partai pengusung kemudian BKWK dari PAN yang bertanda tangan bukan Ketua dan Sekretaris sebagaimana yang ada di SIPOL.

"Karena hingga akhir perpanjangan pendaftaran Bapaslon Bupati dan wakil Bupati Kukar pada Pilkada Kukar 2020 yang memenuhi syarat pendaftaran hanya Bapaslon Edi Damansyah dan Rendi Solihin maka dipastikan pada Pilkada Kukar mendatang hanya ada satu pasangan calon, "terangnya.

Nando menambahkan, untuk tahapan selanjutnya Bapaslon yang memenuhi syarat masuk pemeriksaan kesehatan, diawali Swab Test untuk Edi Damansyah dan Rendi Solihin pada Minggu (13/9) malam dilanjutkan pada Senin (14/9) dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD AM Parikesit.

Sementara itu, Calon Bupati Kukar Awang Yakub Luthman mengaku, Meskipun berkas pendaftaran ditolak namun dirinya tetap bersyukur didampingi pendukungnya mengantarkan kehormatan apa yang menjadi keinginan sebagian masyarakat kepada kepentingan kami, dan kami tidak mempunyai pilihan selain mendaftar meskipun di proses akhir perpanjangan pendaftaran.

"Keputusan hari ini saya hanya bisa mengatakan hadapi dengan senyum, bahwa ini bagian dari pada proses yang Tuhan inginkan, kami hanya bisa berusaha dan semua proses saat ini menjadi bagian daripada ketentuan, " ucapnya.

Disinggung tidak ada kehadiran Suko Buono yang mendampingi, Awang Yakub Luthman memastikan pasangannya ini tidak dapat hadir karena masih kondisi sakit yang tidak memungkinkan datang ke kantor KPU Kukar, kemudian ia menambahkan bahwa malam ini bagian dari perjuangan demokrasi dan kita tidak ingin demokrasi di Kukar mati dan masyarakat bisa menilai.

"Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada semua pendukung, saya hanya bisa menangis dan sujud kepada mereka yang telah memberikan dukungan, pendaftaran ini juga keinginan mereka bahwa kami harus mendaftar perkara hasil kami serahkan kepada Allah SWT, " tambahnya.

Awang Yakub juga tidak mau berandai-andai dari hasil berita acara tersebut, dan ini sebagai dasar tim kami untuk mendiskusikan lebih lanjut untuk merumuskan langkah-langkah apa yang harus dilakukan, pastinya tim kami telah mengantisipasi situasi yang terjadi pada malam ini. (one)

Pasang Iklan Disini
Top