• Rabu, 16 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(H Rendi Solihin)


TENGGARONG (kutairaya.com) - Mengingat Rendi Solihin telah mendaftar ke KPU Kukar untuk maju dalam Pilkada Kukar 2020 berpasangan dengan Edi Damansyah, maka Rendi Solihin mengajukan surat pengunduran diri sebagai Anggota DPRD Kukar sekaligus mengajukan Pergantian Antar Waktu (PAW).

"Ini merupakan salah satu proses tahapan yang dilakukan oleh KPU Kukar terkait klarifikasi tentang pengunduran diri saya di DPRD Kukar dan Pergantian Antar Waktu (PAW), "ungkap Rendi Solihin saat ditemui awak media di Kantor KPU Kukar Kamis (10/9).

Menurut Rendi, kedatangannya ke Kantor KPU Kukar hanya untuk klarifikasi keabsahan surat yang sudah saya serahkan pada saat pendaftaran 4 September 2020 lalu, apakah saya benar yang mengirimkan dan menyerahkan ke Sekertaris Dewan yang ditembuskan ke Bupati, Ketua DPRD dan Badan Kehormatan Dewan.

"Untuk surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD saat ini masih berproses, dan saya sudah mengajukan surat pengunduran diri kepada Sekwan tanggal 3 September 2020 yang telah ditembuskan ke Ketua DPRD Kukar, Ketua DPD Golkar termasuk ke Badan Kehormatan dan hasilnya dapat diketahui paling lambat 5 hari setelah penetapan Paslon pada Pilkada Kukar, dan untuk keputusannya itu 30 hari sebelum pencoblosan 9 Desember 2020, "terangnya.

Meskipun saat ini dirinya masih mengurus pengunduran diri sebagai wakil rakyat, tetapi Rendi memastikan saat ini ia masih terhitung sebagai Anggota DPRD Kukar sambil menunggu keputusan, namun tidak lagi melakukan aktifitas kedewanan, seperti saat ini yang seharusnya melakukan reses tetapi saya tidak melakukannya.

"Jika surat pengunduran ini telah ditetapkan maka untuk PAW menggantikan saya yakni peraih suara terbanyak di bawah saya nomor urut 5 dari Dapil 4 yakni Budiman, " ucapnya.

Rendi menambahkan, mengingat dirinya saat ini harus mengikuti tahapan-tahapan dalam Pilkada, maka otomatis dirinya tidak bisa fokus di DPRD Kukar.

Terpisah, Komisioner KPU Kukar Divisi Tehnis Novan Surya Gafilah mengatakan, berdasarkan Surat dari Ketua DPRD Kukar ada Surat dari Partai Golkar Kukar untuk proses PAW Rendi Solihin maka didalam berkas tersebut juga ada surat pengunduran diri Rendi Solihin sebagai salah satu syarat untuk PAW di Dapil 4.

"Maka sesuai peraturan dan perundang-undangan KPU Kukar harus mengklarifikasi yang bersangkutan terkait kebenarannya bahwa Rendi Solihin mengundurkan diri dari anggota DPRD Kukar, "tuturnya.

Saat ini lanjutnya, proses tersebut telah kita lakukan sesuai PKPU terkait dengan PAW kemudian sesuai Undang-undang bahwa yang bersangkutan menyatakan mengundurkan diri, kemudian berita cara klarifikasi yang ditanda tangani KPU Kukar dan Rendi Solihin bahwa surat tersebut benar. (one)

Pasang Iklan Disini
Top