• Rabu, 16 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Suasana Rapat Pleno KPU Kukar)




TENGGARONG (Kutairaya.com) - Jumlah dukungan untuk dua Bakal Pasangan Calon perseorangan pada Pilkada Kukar 2020, yakni Edi Subandi dan Junaidi serta HM. Ghufron Yusuf dan Ida Prahastuty belum memenuhi syarat jumlah keseluruhan dukungan sebanyak 41.273.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kukar Erliando Saputra usai Rapat pleno rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan di tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kukar 2020, di hotel Grand Fatma Tenggarong, Selasa (21/7).

Erliando menjelaskan, untuk dukungan bakal paslon Edi Subandi dan Junaidi yang memenuhi syarat sebanyak 23.743, jumlah ini masih kurang mengingat jumlah syarat dukungan bakal Paslon perseorangan 41.273, begitu juga dukungan bakal pasangan calon Ghufron Yusuf dan Ida Prahastuty yang memenuhi syarat hanya 21.054.

"Untuk bakal Paslon perseorangan Edi Subandi dan Junaidi jumlah kekurangan dukungan 17.530 sementara Ghufron Yusuf dan Ida Prahastuty jumlah kekurangan dukungan sebanyak 20.219, dan beberapa dukungan yang tidak memenuhi syarat atau tidak lolos seperti dukungan yang tidak ditemui atau dukungan yang ternyata sudah meninggal dan dukungan ganda," ungkap Nando sapaan akrabnya.

Erliando memastikan, meskipun jumlah dukungan kedua bakal Paslon masih kurang, sesuai tahapan kita masih memberikan kesempatan dukungan perbaikan kepada KPU Kukar mulai 25 sampai 27 Juli 2020, dan jumlah dukungan perbaikan yang wajib di serahkan pada masa perbaikan harus dua kali lipat dari jumlah kekurangan dukungan.

"Untuk bakal Paslon perseorangan Edi Subandi dan Junaidi karena jumlah kekurangan dukungan 17. 530 maka jumlah dukungan perbaikan yang wajib diserahkan 35.060, sedangkan bakal Paslon perseorangan Ghufron Yusuf dan Ida Prahastuty jumlah dukungan perbaikan yang juga wajib diserahkan sebanyak 40.438, " terangnya.

Erliando menambahkan, proses pengecekan, verifikasi administrasi hingga rekapitulasi dukungan perbaikan masih sama seperti di awal, namun perbedaannya tidak lagi door to door tapi nanti akan dikumpulkan baik itu di tempat netral atau di PPS. (one)

Pasang Iklan Disini
Top