• Minggu, 09 Agustus 2020
logo
Pasang Iklan



(Kadis Pertanian dan Peternakan Kukar saat menyerahkan hasil pemeriksaan hewan qurban)


TENGGARONG (kutairaya.com) - Mendekati Hari Raya Idul Adha 1441 H. Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kaltim, melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban untuk memastikan hewan tersebut sehat, dibeberapa lokasi penjualan hewan kurban di Tenggarong, Jum'at (10/7).

Kepala DPKH Kaltim Dadang Sudarya mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha setiap tahun kita memeriksa hewan kurban, baik yang dipelihara di Kaltim maupun hewan kurban dari luar Kaltim, dan kegiatan ini guna memastikan hewan kurban semua dalam keadaan sehat.

"Kalau hewan kurban yang dipelihara oleh para peternak lokal itu kami rutin memeriksakan kesehatan hewannya karena ada petugas di lapangan, sementara hewan kurban dari luar kita pastikan juga lakukan pemeriksaan guna memastikan hewan tersebut dalam keadaan sehat, " ungkapnya.

Dadang Sudarya juga memastikan, tahun ini pihaknya dalam penyediaan kebutuhan hewan kurban lebih besar dari biasanya, dan saat ini kebutuhan hewan kurban di Kaltim kita bisa suplai 55 Hingga 60 persen dari peternak lokal.

"Karena sebagian besar peternak lokal di Kaltim kini melakukan pemeliharaan dan penggemukan hewan kurban mandiri yang akan dijual, " terangnya.

Sementara itu, Kepala Distanak Kukar Sutikno menuturkan, jika semua hewan kurban telah di periksa sehat dan keluar hasilnya kita akan memasang label atau peneng agar masyarakat aman membeli hewan kurban yang sehat.

"Jadi masyarakat jangan asal membeli hewan kurban, karena kita sudah mengecek semua hewan kurban di tempat penjualan maka masyarakat kami himbau cek apakah sudah ada label atau peneng nya di hewan kurban apa belum, karena yang sudah di peneng maka kami pastikan hewan kurban tersebut dalam keadaan sehat, " tutupnya. (one)

Pasang Iklan Disini
Top