• Minggu, 09 Agustus 2020
logo
Pasang Iklan



(RT PCR yang dimiliki RSUD AM Parikesit)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Setelah memiliki alat Real Time - Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) maka Pemkab Kukar melalui Gugus tugas Covid-19 bersiap melakukan Swab Test massal.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr. Martina Yulianti kepada KutaiRaya.com Jum'at (3/7).

"Jadi setelah rapid test massal maka dengan alat ini kami bersiap untuk melakukan Swab Test massal, namun kami tentukan terlebih dahulu tempat yang memiliki populasi banyak masyarakat," ujarnya.

Martina menjelaskan, Swab Test massal ini penting dilakukan karena ada perhitungan reproduksi efektif dari wabah covid-19, jadi ini menghitung perbandingan antara jumlah di swab dengan jumlah yang positif.

"Selama ini yang kita swab itu untuk menegakkan diagnosis artinya kemungkinan besar bisa positif, dan jika itu dihitung maka jumlah reproduksi efektif kita tinggi, karena jumlah yang positif dibandingkan dengan jumlah yang di swab perbandingannya banyak yang positif, " terangnya.

Martina Yulianti menghimbau kepada masyarakat agar tidak kembali ke kehidupan normal yang lama tapi harus ke kehidupan normal baru.

" kita boleh tetap beraktifitas namun juga menjaga jarak, selalu menggunakan masker, tetap menghindari bersentuhan dan selalu mencuci tangan, " tuturnya. (one)

Pasang Iklan Disini
Top