• Rabu, 16 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Rapid Test pedagang pasar Gerbang Raja Tenggarong)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Untuk pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran covid-19 di Kukar, Pemkab Kukar bersama tim gugus tugas dari Dinas Kesehatan mulai melaksanakan rapid test massal pedagang pasar, di halaman pasar gerbang raja Mangkurawang, Selasa (9/6).

"Kali ini kami rapid test massal kepada 824 pedagang pasar Gerbang Raja Mangkurawang dan 400 pedagang pasar Tangga Arung yang dilakukan bertahap selama Minggu ini, setelah sebelumnya juga dilakukan bagi 69 orang santri dan empat ustaz dan ustazah sekolah Tahfiz Quran Al-Anshar, beserta 15 pengurus masjid Al Anshar, " ungkap Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau pelaksanaan rapid test pedagang.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, dalam rapid test pedagang ini dirinya juga mengharapkan kerjasama tim kesehatan, pengelola pasar dan pedagang agar pelaksanaan ini dapat berjalan baik, ini juga salah satu bentuk perlindungan dari Pemkab Kukar melalui tim gugus tugas kepada masyarakat.

"Jangan ada pemahaman lain dari rapid test ini, murni tidak lain untuk perlindungan bagi masyarakat dan sekaligus untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19,usai pelaksanaan ini kedepannya tinggal pengendaliannya bagi para pengunjung, " ujarnya.

Bupati Edi menambahkan, Pasar Gerbang Raja Mangkurawang salah satu pilot projek penegakan disiplin berkaitan dengan relaksasi atau kelonggaran yang sudah di terapkan di Kukar, begitu juga sektor lainnya yaitu sektor sosial kemasyarakatan, sosial keagamaan, ekonomi kerakyatan bahkan UMKM, untuk itu selama relaksasi di pasar Mangkurawang pedagang dan pengunjung wajib memakai masker kemudian bilik sanitasi akan diperbaiki dan menyediakan tempat cuci tangan.

"Itu langkah-langkah yang harus dilakukan dengan baik, dan salah satu indikator nanti bisa dilihat sejauh mana tingkat kesadaran masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19 di Kukar, " tutupnya. (one/adv)

Pasang Iklan Disini
Top