• Kamis, 09 Juli 2020
logo
Pasang Iklan



(Baharuddin)



TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Dunia pendidikan di Kukar dan Indonesia umumnya sangat terdampak dengan adanya wabah covid-19 para siswa pun diwajibkan belajar dari rumah, bahkan surat edaran terbaru Disdikbud Kukar masa belajar di rumah siswa diperpanjang hingga 20 Juni 2020 mendatang, dan tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020.

Di tengah pandemi ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan kebijakan tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020, namun tahun ajaran baru yang dimulai pada 13 Juli 2020 ini bukan berarti siswa belajar di sekolah, keputusan kapan siswa akan belajar di sekolah ini akan terus dikaji.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi IV DPRD Kukar Baharuddin sependapat siswa belajar di sekolah di masa transisi new normal harus dikaji terlebih dahulu, ia juga meminta pemerintah daerah melihat kondisi Kukar saat ini di tengah covid-19 masuk zona apa, agar pemerintah bisa mengambil sikap untuk dunia pendidikan di Kukar kapan siswa bisa belajar kembali di sekolah, tentu harus dibarengi dengan protokol kesehatan.

"Saran saya kita jangan tergesa-gesa mengambil keputusan bahwa siswa harus masuk sekolah pada 13 Juli 2020 mendatang, sementara saat ini kita masuk masa transisi new normal takutnya ada hal-hal yang tidak kita inginkan, apalagi anak-anak didik kita ditingkat Paud sampai SD masih suka bermain dan berkumpul bersama temannya dengan jarak dekat, " ujar politisi PDIP tersebut.

Anggota Dewan dari Dapil Anggana, Muara Badak dan Marang Kayu ini mengatakan, jika pada 13 Juli 2020 nanti Kukar belum memungkinkan untuk siswa kembali belajar di sekolah, maka saya sarankan dilakukan bertahap mulai dari siswa jenjang SMA terlebih dahulu yang masuk sekolah, kemudian bila memungkinkan lagi jenjang SMP sampai nanti PAUD.

"Dilakukan bertahap siswa belajar lagi di sekolah jika tidak memungkinkan jenjang SMA dulu, kemudian SMP, SD hingga PAUD, " tuturnya.

Ia menambahkan, dilakukannya bertahap ini penting agar siswa merasa nyaman belajar di sekolah di masa transisi new normal, tentu peran semua pihak sangat diperlukan dimasa transisi new normal terutama di lingkungan sekolah. (one/adv)

Pasang Iklan Disini
Top