• Selasa, 22 Juni 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Supriyadi)



TENGGARONG - Pasar di Tenggarong yang masih buka saat ini yakni Pasar Gerbang Raja Mangkurawang tentu menjadi perhatian di tengah penyebaran pandemi covid 19 di Kukar, pasar selain merupakan lokasi jual beli tetapi juga pasar merupakan tempat yang banyak jumlah kerumunan warga baik pembeli maupun pedagang.

Ketua Komisi I DPRD Kukar Supriyadi mengatakan, di pasar tidak ada yang menjamin tentang penyebaran virus corona, karena di pasar merupakan lokasi aktifitas jual beli dan lalu lintas warga untuk membeli kebutuhan sehari hari.

"Pasar harus tetap buka ditengah situasi saat ini, karena masyarakat sebagian besar membeli kebutuhan sehari hari di pasar, tentunya dipasar sangat ramai maka saya meminta kepada pembeli dan pedagang harus tetap waspada, yang paling penting jaga jarak dan bila perlu menggunakan masker, " ungkapnya.

Sebetulnya lanjut politisi dari PAN tersebut, perhatian utama pembeli adalah orang lain, bukan pada barang yang akan dibeli. Meskipun pembeli mungkin khawatir tidak sengaja menginfeksi diri sendiri dengan memegang barang yang sudah dibeli, para ahli kesehatan mengatakan, penularan melalui barang yang dibeli atau pembungkusnya sebagian besar dapat dihindari.

"Penelitian menunjukkan bahwa virus dapat ada pada kemasan makanan karton selama sehari, dan pada plastik selama beberapa hari. Rekomendasi saya adalah segera mencuci tangan setelah memegang kemasan pada belanjaan dan uang kembalian," tuturnya.

Adanya terobosan dari Pemda yang membuka layanan jual beli online di pasar Mangkurawang, Supriyadi mengapresiasi langkah istansi terkait, hal ini menurutnya selain memudahkan pembeli berbelanja dari rumah, juga mengurangi kerumunan dipasar. (one/adv)

Pasang Iklan Disini
Top