Tim Pansus DPRD Kukar Bekerja, Kecamatan Kota Bangun Darat Segera Terbentuk

Tim Pansus DPRD Kukar Bekerja, Kecamatan Kota Bangun Darat Segera Terbentuk

Pansus DPRD Kukar 2019Pansus DPRD Kukar 2019
Photo: ist


KutaiRaya.com - 20/11/2019 20:03 WITA
Setelah resmi dibentuk beberapa pekan lalu, Tim Pansus (Panitia Khusu) Pemekaraan Kecamatan Kota Bangun Darat DPRD Kukar terus bekerja, baik melakukan pembahasan secara internal, melibatkan sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah), studi banding ke daerah lain maupun konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua Pansus Pemekaran Kota Bangun Darat Supriyadi mengatakan, hingga ini pihaknya terus bekerja untuk menggodok Raperda Pemekaraan Kota Bangun Darat.

Menurut dia, secara administratif kecamatan Kota Bangun Darat sangat layak untuk dibentuk. Pembentukan ini jelas akan memberikan dampak terhadap kemajuan pembangunan daerah.

"Juga meningkatkan pelayanan ke masyarakat akan terwujud," kata Supriyadi.

Supriyadi juga menambahkan jika pada akhir pekan lalu, pihaknya bersama Tim Pansus Pemekaran Samboja Barat yang diketuai oleh Hamdan, melakukan kunjunan ke Pemkot Balikpapan.

Menurut Supriyadi maksud dan tujuan ke Pemkot Balikpapan selain ingin melakukan silaturahmi tim dua Pansus yang berkunjung ke Balikpapan yakni Pansus Pemekaran Kecamatan Kota Bangun Darat yang saya sendiri sebagai ketua pansus dan Pansus Pemekaran Kecamatan Samboja Barat yang dipimpin Hamdan selaku ketua Pansus, untuk meminta penjelasan langsung Pemkot Balikpapan terkait tapal batas dan aset tanah karena kota Balikpapan yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Samboja akan dimekarkan menjadi Samboja Barat.

Adapun kelurahan yang masuk Samboja Barat yakni Kelurahan Agosari, Kelurahan Bukit Merdeka, Kelurahan Amborawang Daerat, Kelurahan Amburawang laut, Kelurahan Karya Merdeka, Kelurahan Margomulyo, Kelurahan Salok Api Darat, Kelurahan Salok Api Laut, Kelurahan Sungai Merdeka dan Desa Tani Bhakti.

Kecamatan Samboja Barat nantinya berbatasan di sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Loa Janan. Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Samboja (induk). Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Panajam Paser Utara dan sebelah Barat berbatasan dengan Kota Balikpapan.

"Samboja Barat ini salah satu persiapan kita atas telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi, Kabupaten Kutai Kartanegara salah satu menjadi Ibu Kota Negara Indonesia (IKN)," katanya. (zul)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved