Dukung Program Gemas, SDN 10 Tenggarong Miliki Posyandu

Dukung Program Gemas, SDN 10 Tenggarong Miliki Posyandu

Peresmian PosyanduPeresmian Posyandu
Photo: ist


KutaiRaya.com - 06/11/2019 12:09 WITA
Untuk mendukung program Gerakan Masyarakat Sehat (Gemas) saat ini SDN 010 Tenggarong telah memiliki Posyandu internal sekolah.
Peresmian Posyandu SDN 010 Tenggarong dilakukan belum lama ini.

Menurut Kepala SDN 010 Tenggarong Jumimen, rencana peresemian Posyandu dengan nama Tunas Bangsa ini akan dilakukan tahun depan, namun dipercepat.

Menurut Jumimen, Posyandu SDN 010 bekerjasama dengan puskesmas Loa Ipuh dalam hal pembinaan dokter ciliknya selama tiga tahun. Kegiatan rutin posyandu sekolah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi siswa setiap sebulan sekali.

"SDN di Tenggarong yang punya posyandu selain kami, adalah SDN 011 dan 018," jelasnya.

Sementara itu, Pj Pengelolaan UKS puskesmas Loa Ipuh, Masliana mengatakan, tugas kami adalah melakukan pembinaan dokter cilik di SDN 010, yang nantinya bisa membantu tahap pemeriksaan kesehatan bagi siswa yang akan dilakukan tiap bulannya secara rutin bersama jajaran puskesmas.

"Tahapan pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan, yaitu pemeriksaan tinggi dan berat badan, pemeriksaan mulut dan gigi, serta pemeriksaan pendengaran," ujarnya.

Masliana menambahkan, jika saat pemeriksaan ditemukan anak yang kurang gizi, maka akan dilakukan pemberian makanan tambahan, jika diharuskan pemberian obat, maka akan dilakukan pemberian obat.

Sementara itu, Kabid Dikdas Disdikbud Kukar, Tulus Sutopo mengatakan, mengapresiasi inisiatif SDN 010 membentuk posyandu sekolah. (zul)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved