Komisi IV DPRD Kukar Tinjau Kondisi Bangunan SD di Desa Muara Kaman Ilir

Komisi IV DPRD Kukar Tinjau Kondisi Bangunan SD di Desa Muara Kaman Ilir

saat tinjau SD di Muara Kamansaat tinjau SD di Muara Kaman
Photo: ist


KutaiRaya.com - 29/04/2019 08:30 WITA
DPRD Kutai Kartanegara melalui Komisi IV mengaku cukup prihatin dengan kondisi bangunan dan fasilitas ekolah di salah satu SD di Kecamatan Muara Kaman.

Hal ini diketahui setelah Komisi IV melakukan kunjungan ke ke SD Negeri Tabalai Indah, Dusun Sumer Mulyo, Desa Muara Kaman Ilir, Kecamatan Muara Kaman, Jumat (26/4/2019).

Kunjungan ini didasarkan laporan dan surat masuk ke DPRD Kukar terkait kurangnya penunjang dan fasilitas pendidikan di sekolah tersebut.

Komisi IV yang membidangi Kesejahteraan Rakyat Meliputi bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial ini, melakukan peninjauan langsung dalam sekaligus pengumpulan data terkait laporan yang diterima.

Rombongan Komisi IV diterima langsung kepala SDN 030 Muara Kaman, Artitik, S.Pd dan ditemani beberapa guru langsung melihat bangunan rumah dinas kepala sekolah yang berpondasi beton namun posisinya sangat rendah, dan cat yang sudah pudar hampir tak terlihat. Begitu juga plafon dan atap yang sudah hancur serta ruang terisi barang-barang bekas menumpuk hingga menjadi sarang laba-laba dan nyamuk.

Anggota Komisi IV, Kamarur Zaman mengaku merasa prihatin melihat kondisi rumah kepala sekolah dan penjaga sekolah yang sudah berusia 20 tahun, hingga tidak bisa ditempati dikarenakan rusak parah dan tidak ada rehab perbaikan. Sebagian bangunan sudah tidak layak untuk ditempati.

"Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil ini harus menjadi perhatian kita bersamama dengan kelengkapan sarana dan prasarana yang menjadi standar sekolah atau setiap instansi pendidikan, rumah kepala sekolah dan penjaga sekolah merupakan fasilitas sekolah yang harus dilengkapi," kata Kamarur zaman.

Ia mengatakan dengan kunjungan komisi, usulan dan aspirasi yang ada merupakan masukan yang sangat berharga dan ini menjadi catatan sekala prioritas pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara nantinya. (zul/hms)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved