Gubernur Kaltim: Bangsa yang Besar Menghargai Sejarah

Gubernur Kaltim: Bangsa yang Besar Menghargai Sejarah

Gubernur Kaltim dan Plt Edi Damansyah dan sejumlah pejabat Kaltim saat peringatanmerah putih sanga sangaGubernur Kaltim dan Plt Edi Damansyah dan sejumlah pejabat Kaltim saat peringatanmerah putih sanga sanga
Photo: ist


KutaiRaya.com - 28/01/2019 23:26 WITA
Gubernur Kaltim H Isran Noor menghadiri sekaligus menjadi pembina upacara pada pringatan peristiwa Merah Putih di Sangasanga, Kutai Kartanegara, Ahad (27/1/2019).

Agenda tahunan tersebut dihadiri sekitar 500 peserta terdiri dari TNI, Polri, PNS, guru, dan siswa. Ribuan masyarakat setempat turut berbondong-bondong menyaksikan langsung upacara di Kota Juang tersebut.

Rangakain peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga ditandai pula dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Wadah Batuah, Ramah Tamah dengan Veteran dan Peresmian Pendopo Kubur Situs Gunung Selendang. Selain itu selesai upacara juga digelar penampilan marching band dan pertunjukan teater perjuangan kemerdekaan.

Tampak hadir pada upacara tersebut Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, jajaran Forkopimda, Plt Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, TNI/Polri dan para Veteran beserta keluarganya.

"Kita patut bersyukur karena kota ini menjadi salah satu kota bersejarah. Sebagai bangsa yang besar, kita harus menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas segala pengorbanan orang tua dan pendahulu yang telah berjuang pada 72 tahun silam," tutur Isran Noor saat memberikan amanat.

Isran mengatakan sebagai bangsa yang besar, harus menghargai jasa para pahlawan. Kemudian harus dikenang. Terutama jiwa dan semangat patriotisme tidak boleh terkikis atau menjadi luntur. "Mari kita berdoa semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberikan keberkahanNya kepada kita semua," tutur Isran pada peringatan yang mengangkat tema "Kita Bangkitkan Semangat Persatuan dan Kebersamaan Mewujudkan Pembangunan Menuju Kesejahteraan Rakyat Kutai Kartanegara".

Sementara itu di Wisma Ria Sangasanga, Gubernur bersilaturrahmi dan beramah-tamah dengan para anggota Veteran dan keluarganya. Tampak hadir Ketua Mada Kaltim M Amin Jama beserta sekitar 90 orang anggota Veteran.

"Kita patut bersyukur masih bisa bersilaturahmi. Saya mendoakan semoga bapak dan ibu veteran yang masih hidup tetap dalam keadaan sehat wal Afiat dan masih bisa menikmati hidup di alam kemerdekaan ini dengan baik dan berbahagia. Kemudian bagi yang sudah meninggal dunia, semoga arwah mereka diterima dan mendapat tempat yang layak di alam kubur," tutur Isran saat memberikan arahan.

Dikatakan, Veteran adalah contoh teladan yang baik dan perlu dihargai perjuangannya. Khususnya generasi muda saat ini untuk mengerti dan menghargai sejarah.

"Sangasanga telah menoreh sejarah yang luar biasa. Ini sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dilupakan dan diabaikan. Saya atas nama pemerintah provinsi Kaltim sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada para Veteran yang telah berjuang hingga merdeka," ucap Isran. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved