PI 50 Persen untuk Kukar Lebih Adil

PI 50 Persen untuk Kukar Lebih Adil

Salehudinn
Salehudinn
Photo: ist

KutaiRaya.com - 07/11/2018 22:06 WITA
Menanggapi tuntutan KNPI Kukar tentang PI Blok Mahakam, Salehuddin, S.Sos.,S.Fil Ketua DPRD Kukar menyatakan dukungannya.

Ditemui di kantornya rabu (7/11) pagi, Saleh panggilan akrabnya menegaskan bahwa fifty fifty (50-50, red) merupakan porsi yang pas dan adil dalam PI Blok Mahakam.

"Dengan angka tersebut, menurut saya lebih memenuhi asas keadilan, bagaimanapun Kukar yang akan menerima dampak lingkungan lebih besar akibat pengelolaan Blok Mahakam ini," katanya.

Dari sisi regulasi, tidak ada yang dilanggar, penglamparan resorvoir migas itu berada di satu wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, sehingga sesuai dengan ketentuan pasal 5 ayat (1) dan ayat (2) permen ESDM 37/2016 seharusnya porsi pembagiannya adalah 50 % untuk Kukar dan 50 % untuk Pemprop Kaltim.

"Saya setuju dan mendukung apa yang menjadi tuntutuan kawan-kawan KNPI, saya berharap Gubernur baru dapat lebih arif dan bijaksana menanggapi aspirasi masyarakat Kukar, " ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Kaltim waktu itu Awang Faroek menegaskan bahwa angka 66,5 dan 33,5 sudah final. Akan tetapi belum ada kata sepakat dari Bupati Kukar waktu itu Rita Widyasari terkait porsi tersebut.

Saat ini ruang untuk mengubah porsi PI tersebut kembali terbuka mengingat salah satu janji politik Isran Noor dalam beberapa kesempatan kampanye adalah membagi PI Blok Mahakam menjadi 50-50. (kr1)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved