Dugaan Proyek Irigasi Bermasalah di Loa Kulu, ICI Kaltim Akan Laporkan ke Kejati

Dugaan Proyek Irigasi Bermasalah di Loa Kulu, ICI Kaltim Akan Laporkan ke Kejati

proyek irigasi di Loa Kulu-Kukarproyek irigasi di Loa Kulu-Kukar
Photo: ist


KutaiRaya.com - 31/07/2017 21:38 WITA
Proyek pembangunan fasilitas irigasi di Desa Jonggon Kecamatan Loa Kulu Kutai Kartanegara yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kukar 2016 senilai Rp4,8 miliar diduga bermasalah.


Hasil investigasi Indonesian Coruption Investigation (ICI) Kaltim menemukan sejumlah kejalanggalan dalam pelaksanaan proyek tersebut.


"Proyek itu sudah dibayar 95 persen,sedangkan 5 persen sisa pembayaran untuk cadagangan pemeliharaan. Hasil investigasi yang kita lakukan, proyek itu tak selesai sesuai dengan spek yang ada," kata Koordinator ICI Kaltim Sandri Arman.


Oleh karenanya, lanjut Sandri Arman pihaknya akan segera mealaporkan ke Kejati Kaltim dan Kajagung, supaya segera diusut dugaan pelaksanaan proyek tersebut.


"Beberapa titik pembangunan irigasi yang tak rampung seperti di STA 0+000 sampai STA 0+600 hanya dikerjakan 450 meter, kemudian di STA 0+000 sampai STA 1+350 hanya idkerjakan 800 meter. Hasil investigasi pada pintu air juga tidak menggunakan beton, tapi hanya menggunakan kayu ulin serta tidak menggunakan buka tutup"katanya.

Sanrdi Arman mengatakan, sedianya proyek irigasi dibangun untuk kepentingan peningkatan produksi pertanian diwilayah Loa Kulu-Kukar, namun dengan pelaksanaan pekerjaan proyek yang tak sesuai dengan apa yang diharapkan selain pemerintah yang dirugikan tentunya masyarakat Loa Kulu, terutama masyarakat Jonggon. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved