Dewan Kukar Minta Tenaga Kerja Lokal Diprioritaskan

Dewan Kukar Minta Tenaga Kerja Lokal Diprioritaskan

Hamdiah
Hamdiah
Photo: ist

KutaiRaya.com - 17/03/2017 22:13 WITA
Banyaknya perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kutai Kartanegara, menjadikan peluang dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Pasalnya, dengan beroperasinya perusahaan, maka akan banyak tenaga kerja yang direktur.


Anggota Komisi I DPRD Kukar Hamdiah, mengingatkan kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Kukar, agar bisa memprioritaskan tenaga kerja lokal, terutama yang berada di sekitar perusahaan beroperasi.


Hal ini ia sampaikan menyusul banyaknya laporan masyarakat, bahwa warga disekitar perusahaan tak diberdayakan sebagai tenaga kerja.

"Di Kukar cukup banyak perusahaan. Baik itu perusahaan tambang maupun perkebunan kelapa sawit. Kita berharap, tenaga kerja yang non skil itu harus memprioritaskan tenaga kerja dari orang orang sekitar perusahaan itu sendiri," tandas Hamdiah.

Sementara itu secara terpisah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kukar Assobirin melalui Kabid Hubungan Industrial dan Syarat Syarat Kerja Panut, mengungkapkan bahwa gejolak PHK pada 2017 ini diprediksi akan menurun, ini menyusul adanya kenaikan harga batubara dan kelapa sawit.

"Harapan kita banyak tenaga kerja local di Kukar ini bekerja diperusahaan, tak ada PHK, apalagi harga jual batubara dan sawit 2017 ini ada kenaikan, tentunya ini akan berdampak pada stabilnya produksi batubara dan kelapa sawit yang berimbas pada rekrutmen tenaga kerja," kata Panut. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved