Masyarakat Kukar Diajak Galakan Menanam Jagung

Masyarakat Kukar Diajak Galakan Menanam Jagung

JagungJagung
Photo: ist


KutaiRaya.com - 02/03/2017 20:54 WITA
Diperlukan sekitar 500 ton jagung kering, untuk memenuhi kebutuhan diwilayah Samarindan dan Kutai Kartanegara. Pemenuhuhan kebutuhan itu untuk campuran pakan untuk makanan ternak ayam.

"Salah salah peternak ayam di Samboja itu ada yang mau menampung sekitar 80 ton jagung kering per bulannya, dimana jagung itu akan digunakan untuk campuran pakan. Belum lagi, peternak peternak ayam lainnya di Kukar-Samarinda, ya sekitar 500 ton jagung perbulannya,"kata Wakil Ketua DPRD Kukar Guntur, di Tenggarong belum lama ini.

Selama ini, kata Guntur, banyak peternak peternak ayam di Kukar dan Samarinda mengambil jagung dari jawa, sulawesi bahkan dari luar negeri. Peluang ini jika ditangkap, maka akan menguntungkan.

"Kukar itu memiliki lahan yang cukup luas yang belum digarap, kalau dimanfaatkan untuk tanaman jagung dengan rentang waktu hanya sekitar 3 bulan panen, maka petani akan merasakan hasilnya," kata Guntur.

Guntur menyakini, bahwa dengan budidaya jagung maka perekonomian masyarakat bisa terangkat, tak mungkin para petani menjual lahan untuk kepentingan perusahaan sawit maupun tambang batubara jika lahan lahan mereka dapat menghasilkan secara berkelanjutan.

"Usaha itu kan bisa juga diteruskan pada anak cucuk mereka, kalau dijual ke tambang maka akan selama nya tak menikmati hasilnya," tegasnya.

Hanya saja untuk proses pengembangan budidaya jagung tersebut, perlu didukung dengan alat alat modern pertanian, sehingga kerjanya akan lebih efektif dan efisien. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved