Bikin KK di Kukar Memakan Waktu 2 Minggu

Bikin KK di Kukar Memakan Waktu 2 Minggu

permohonan KK Kukar
permohonan KK Kukar
Photo: ist

KutaiRaya.com - 30/01/2017 20:58 WITA
Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kutai Kartanegara dikeluhkan masyarakat. Ini lantaran proses pembuatan Kartu Keluarga, tidak dalam proses cepat, namun memakan waktu sekitar 2 minggu lebih.

"Padahal Disdukcapil Kukar standar Internasional ISO 9001:2008, namun untuk buat KK (Kartu Keluarga) bisa memakan waktu dua minggu lebih," kata Supardi, Pemerhati Kebijakan Publik Kukar, .

Pelayanan ke Disdukcapul Kukar ke masyarakat, kata Supardi masih kurang maksimal (buruk), walaupun Kukar menerima penghargaan ISO 9001 : 2008 namun pelayanan kependudukan di Kantor Kecamatan Tenggarong dan Disduk Capil dilapangan tidak sebanding lurus dengan sertifikasi pelayanan administrasi kependudukan berstandar internasional ISO 9001:2008, salah satunya adalah pembuatan kartu keluarga yang merupakan dokumen penting bagi warga masyarakat, karena tanpa ada kartu keluarga maka tidak dapat diterbitkan KTP, Akte Kelahiran, Surat Nikah dan surat - surat lainnya.

" Sangat mengherankan dan menyedihkan sekali jika pelayanan administrasi kependudukan yang berstandar Internasional salah satunya pembuatan Kartu Keluar (KK) harus menunggu 2 (dua) minggu ini yang sangat saya sayangkan, kenapa..? karna waktu 2 minggu itu waktu yang sangat lama dan banyak hal - hal yang terbengkalai karna begitu lama proses pembuatannya," ungkapnya Supardi.

Pihaknya juga berharap kepada Bupati Kutai Kartanegara melalui Kadisdukcapil Kukar beserta Camat Tenggarong untuk banyak melakukan sosialisasi ke masyarakat sampaikan kepada masyarakat Kutai Kartanegara bahwa pembuatan adminstrasi kependudukan berstandar Internasional ISO 9001: 2008 memerlukan waktu 2 minggu sehingga mereka tidak kecewa jika mengurus dokumen kependudukan. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved