SDN 11 Tenggarong, Tanamkan Siswanya Cinta Kebersihan Lingkungan

SDN 11 Tenggarong, Tanamkan Siswanya Cinta Kebersihan Lingkungan

Siti Jubaidah.S.PdSiti Jubaidah.S.Pd
Photo: ist


KutaiRaya.com - 24/01/2017 20:54 WITA
Mengajarkan kebersihan lingkungan hidup sejak dari uisa dini dilakukan SDN 011 Tenggarong, melalui pendidikan Lingkungan Hidup Peserta didik bisa menghargai betapa pentingnya hidup bersih dan lingkungan yang lestari, lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup, oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman, ini yang di ajarkan oleh Pendidik SDN 011 tenggarong kepada peserta didiknya.

Hal ini di sampaikan Siti Jubaidah.S.Pd Senin (23/01) kemarin diruang kerjanya.

Menurutnya menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang sangat kecil, seperti membuang sampah pada tempanya, merawat dan mencitai tanaman, memanfaatkan sampah hingha berbentuk menjadi kerajinan tetapi terkadang sangat sulit dilakukan, .

"Kami selaku pendidik terus meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah, seperti setiap pagi sebelum masuk proses belajar mengajar peserta didik harus memungut sampah satu orang satu sampah agar tingkat kesadaran akan kebersihan lingkungan hidup semakin tringgi dan tertanam di jiwa mereka," katanya.

Siti juga menambahkan saat ini tingkat kesadaran peserta didik SDN 011 tenggarong cukup tinggi terbukti ketika datang kesekolah dengan sendirinya pesertad didik langsung memungut sampai yang mereka lihat baik itu di dalam kelas maupun di luang kelas .

"Semua peserta didik dengan kebiasaanya tanpa harus disuruh lagi begitu liat sampah entah sampah sisa makanan, minuman, kertas, daun, plastik dan lainnya dipungut dan masukan ketempanya," tambahnya.

Di setiap depan kelas terdapat tempat sampah organik dan non-organik, tempat sampah tersebut tidak jauh antara satu dengan tempat sampah yang lainnya dan di dalam kelas pun terdapat tempat sampah, guna terus meningkatkat kesadaran dari peserta didik untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved