Sekda Kukar Tegaskan, Hutang ke Kontraktor Dibayar di 2017

Sekda Kukar Tegaskan, Hutang ke Kontraktor Dibayar di 2017

S Armand (Koordinator ICI Kaltim)
S Armand (Koordinator ICI Kaltim)
Photo: ist

KutaiRaya.com - 12/01/2017 21:32 WITA
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara siap membayar sejumlah hutang kontraktor atas pekerjaan yang sudah rampung dilaksanakan pada proyek Pemerintah Kukar 2016.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara H Marli menyatakan, realiasi pembayaran proyek yang sudah diselesaikan kontraktor pada 2016, menjadi skala prioritas pada APBD 2017 tahun ini.

"Kita akan bayar berdasar pada progress penyelesaian proyek, kalau memang 100 persen rampung maka pembayaran pun juga akan dilakukan 100 persen," kata H Marli, Rabu (11/1/2017) sore.

Sementara itu berdasar hasil investigasi Badan Pekerjan Nasional Wilayah Indonesia Corupsi Investigasi (BNPW-ICI) Kaltim, jumlah nilai hutang ke kontraktor yang belum dibayar oleh Pemkab Kukar mencapai ratusan miliar, yang tersebar disejumlah OPD Kutai Kartanegara.

"Sebab ketika para kontraktor mau menagih pembayaran proyek ke Pemkab Kukar, anggaran dalam kondisi kosong, sehingga sampai sekarang mereka belum dibayar, baik konsultas perencanaan maupun kontraktor pelaksana, padahal dalam APBD 2016 itu anggaran ada,," beber Koordinator BNPW ICI Kaltim S Arman.

Pada 2016, lanjut Armand, juga terdapat proyek yang justru tidak masuk anggaran namun "nekat" dilelang, seperti proyek peningkatan jalan dikawasan Jalan Pesut Tenggarong, Jalan Mualaf, dan sejumlah proyek jalan lainnya.

"Jangan sampai proyek proyek yang justru tak masuk anggaran di APBD, menjadi prioritas untuk dibayarkan," katanya.

ICI Kaltim juga meminta para wakil rakyat yang duduk di DPRD Kukar tak berdiam diri menyikapi kondisi ini, karena DPRD yang mengesahkan APBD."Jangan seperti beli kucing dalam karung, asal mengesahkan tapi tak tahu isi dari APBD itu sendiri," tegas Arman. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved