Membentuk Karakter Siswa Sejak Dini Sangat Penting

Membentuk Karakter Siswa Sejak Dini Sangat Penting

Siti Albani,S.Pd
Siti Albani,S.Pd
Photo: ist

KutaiRaya.com - 10/01/2017 21:11 WITA
SDN 012 Tenggarong terus membiasakan peserta didiknya untuk berprilaku sopan dengan semua orang yang mereka juampai baik itu di rumah maupun di sekolah, kemudian selalu memakai bahasa yang santun demi terbentuknya karakter peserta didik yang mempuai budi pekerti yang baik.

"Pembentukan karakter siswa sejak dini itu sangat penting, sikap baik, perilaku dan sopan santun menjadi hal yang wajib harusditanaman pada siswa," kata Kepala SDN 012 Tenggarong Siti Albani.S.Pd Senin (09/01) kemarin.

Sebagai contoh lainnya adalah budaya antri ketika akan masuk kelas, mereka mesti harus berbaris terlebih dahulu di depan kelas baru masuk secara begantian dan tak lepas pula untuk menyalami kepada guru yang mengajar pada jam awal, .

"Hidup jujur dan memiliki budaya antri. Selanjutnya, karakter sosial yakni memiliki tanggung jawab sosial dan menghargai perbedaan serta pendapat orang lain serta menumbuhkan sikap nasionalisme," paparnya.

Dalam hal kejujuran peserta didik SDN 012 Tenggarong sudah di bekali oleh para pendidik dengan mengingatkan siapapun menemukan barang bukan miliknya segera melapokan atau memberkan kepada pendidik baik itu berupa barang maupun uang .

"Alhamdulillah peserta didik kami memiliki tingkat kejujuran yang tinggi hal ini terbukti dengan sudah banyak peserta didik kami yang menemukan uang dan barang yang kami terima, kalau itu berupa uang akan kami masukan kedalam kotak temuan apa bila ada yang merasa kehilangan akan kami tanyakan berapa nominalnya dan bgaimana bentuk uangnya apa bila unag itu bisa kita katakan tidak memiliki tuan maka akan kami kumpulkan dan kami masukan kedalam infaq sekolah,"ungkapnya.

Siti juga mengatakan setiap pagi sebelum memulai pelajaran peserta didik SDN 012 Tenggarong harus memulai dengan mengafal doa-doa pendek untuk memperkuat iman dan takwa para peserta didik .

"Pendidikan karakter merupakan pondasi awal. Kalau pondasinya baik, maka apapun yang dibangun di atasnya akan baik dan kokoh, tetapi kalau pondasinya rapuh, maka semua yang dibangun di atasnya akan mudah roboh,"katanya. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved