SMPN 2 Tenggarong Gelar Perjusa

SMPN 2 Tenggarong Gelar Perjusa

Foto Bersama Paramuka Gudep SMP N 2 TenggarongFoto Bersama Paramuka Gudep SMP N 2 Tenggarong
Photo: ist


KutaiRaya.com - 28/12/2016 20:45 WITA
SMP Negeri 2 Tenggarong melaksanakan Pekemahan Jumat Sabtu (Perjusa), kegiatan itu bertujuan untuk pelantikan kenaikan tingkat pramuka yang juga bertepatan dengan akhir class meeting sebelum liburan sekolah semester ganjil 2016/2017, akhir pecan tadi.


Pihak sekolah sendiri sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan ini dimana kegiatan Perjusa ini dilakukan di lingkungan SMPN 2 Tenggarong. Kegiatan yang dimulai sejak Jum'at (23/12) ini dimulai dengan kegiatan Khatam Al-Qur'an oleh anggota pramuka dalam hal ini peserta didik SMPN 2 Tenggarong, tidak hanya itu tetapi ada pula kegiatan yang arahnya dalam bidang kepramukaan dan pentas seni yang juga menggali bakat dan minat peserta didik serta jalan santai bersama yang juga biasa disebut dengan penjelajahan mskipun jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh.

Wakil Kepala Kesiswaan SMP N 2 Tenggarong Ilhamsyah, S.Pd berharap Dengan terselenggaranya kegiatan ini sendiri diharapkan peserta didik sebagai anggota pramuka ini kelak dapat menjadi generasi yang tangguh yang memiliki karakter serta akhlak.

"Pramuka ini sendiri merupakan pelatihan dasar dalam bersosialisasi, kemandirian, keimanan, toleransi dan dapat dikatakan kepramukaan ini adalah modal dasar peserta didik untuk menyongsong masa depan disamping pendidikan".harapnya.

Sementara Tamrin,S.Ag Pembina Prmuka di SMP N 2 Tenggarong juga menambahkan bahwa didalam kegiatan pramuka tidak hanya permainan yan dimuat tetap pembentukan akhlak dan ilmu sosial kemasyarakatan pun dilatih, kegiatan seperti ini tetap akan diadakan lagi sacara berkesinambungan.

"Karena peserta didik akan terus berganti ditiap tahunnya sehingga peserta didik yang telah menjadi anggota dapat melanjutkan pengalaman kepramukaan kepada peserta didik yang berikutnya sebagai anggota baru. Apalagi Pramka sendiri adalah ekskul wajib yang termuat di kurikulum di sekolah saat ini,"katanya

Melalui kegiatan perjusa ini pula dapat dijadikan pelatihan bagi anggota untuk bersaing dalam ajang kepramukaan yang biasa diselenggarakan seperti Jambore. Sehingga jika kelak peserta didik telah mahir maka tidak mustahil akan membawa nama harum pribadi dab seklah kekancah dunia dalam bidang keparamukaan.

Sementara Joko Triyanto,M.Pd Kepala Gudep SMP N 2 Tenggarong juga menjelaskan mengenai Prmuka blok dan reguler yang ada menjadi kewajiban peserta didik. Pramuka reguler sendiri biasanya dintandai daengan kegiatan yang dilakukan setiap sabtu disekolah secara rutin,sedangkan untuk pramuka blok ialah kegiatan yang iasanya dilaksanakan tiap akhir semester. Jika peserta didik kurang aktif dalam kepramukaan reguler maka menjadi kewajiban untuk mengikuti kepramukaan blok yang initinya untuk memperbaiki nilai pada kepramukaan reguler. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved