Pemuda Soroti Program Dinas Pariwisata Kukar

Pemuda Soroti Program Dinas Pariwisata Kukar

acara ngarak tamba'an KNPI -Kesultanan Kukaracara ngarak tamba'an KNPI -Kesultanan Kukar
Photo: ist


KutaiRaya.com - 22/12/2016 20:24 WITA
Sejumlah program Dinas Pariwisata di Kutai Kartanegara yang selama ini berjalan, mendapat perhatian dan kritikan dari kalangan pemuda Kutai Kartanegara.


Salah satu program itu adalah pelaksanaan Erau yang setiap tahun dilaksanakan, dimana dalam memeriahkan Erau, Pemkab Kukar melalui Dinas Pariwisata lebih banyak menghadirkan warga luar negeri, "ketimbang" warga dari kecamatan di Kutai Kartanegara, dalam menampilkan kesenian.


"Ini perlu dievaluasi oleh pemerintah, jangan sampai kemerihaan Erau itu tidak dirasakan oleh masyarakat Kukar, karena sejatinya Erau adalah pestanya rakyat Kukar. Apalagi biaya Erau yang dianggar setiap tahunnya tidak sedikit. Tapi seni budaya dikecamatan dan desa di Kukar tak ditampilkan," kata Junaidi, Ketua KNPI Kukar saat acara "Ngarak Tamba'aan" di Kesultanan beberapa pekan lalu.


Dalam kegiatan kegiatan lain, yang bersifat untuk melestarian seni dan budaya juga luput dari perhatian pemerintah, sepertinya halnya tradisi Islam kesultanan yakni ngarak tamba'an. Pun begitu perayaan tahun baru Islam juga sepi dirayakan, malah ketika tahun baru masehi sangat meriah sekali.


"KNPI menginisasi kegiatan ini dilaksanakan, dan mudah mudahan tahun depan kegiatan seperti itu lebih meriah lagi yang dilakukan pemerintah bersama pihak kesultanan Kutai Kartanegara," kata Junaidi. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved