SDN 018 Tenggarong, Bentuk Karakter dengan Menanamkan Sikap Jujur

SDN 018 Tenggarong, Bentuk Karakter dengan Menanamkan Sikap Jujur

Saida Hafina, S.PdSaida Hafina, S.Pd
Photo: ist


KutaiRaya.com - 07/12/2016 19:23 WITA
Dalam pembentukan karakter peserta didik perlu ditanamkan sejak dini dibangku sekolah dasar yang tentunya ditunjang juga dengan pendidikan dari lingkungan keluarga yang utama. Ini pula yang mendorong SDN 018 Tenggarong mengadakan beberapa kegiatan yang menunjang pembentukan karakter peserta didiknya seperti menamkan sikap kejujuran dalam hal apapun. Kejujuran ini sendiri menjadi pondasi awal demi membentuk karakter pada peserta didik.

Saida Hafina, S.Pd Kepala Sekolah SDN 018 Tenggarong mengatakan, Infaq Jum'at pun dilaksanakan guna menumbuhkan rasa saling tolong menolong satu sama lain, disamping mendidik peserta didik untuk bersedekah yang kelak bisa diamalkan diluar sekolah dan kehidupan sosial bermasyarakat.

"Nominal tidak ditentukan namun dimaksimalkan dalam pengarahan guna belajar bersosial dan menanamkan keikhlasan. Kegiatan infaq ini juga tidak akan terlaksana tanpa persetujuan hasil musyawarah dan mufakat komite sekolah".katanya

Saida menambahkan di SDN 018 Tenggarong benar-benar menekankan mengenai kejujuran kecil maupun hal besara yang tentunya sebagai bekal kehidupan mendatang. Ini menjadi kewajiban bagi pendidik untuk menjelaskan kepada peserta didik. "Seperti yang pernah terjadi adalah peserta didik kami yang menemukan sejumlah uang atau barang langsung melapor kepada guru jika memang uang atau barang itu bukan miliknya".tambahnya

Menurutnya yang membanggakan kejujuran sangat dijunjung tinggi di SDN 018 Tenggarong dan tentunya dapat dijadikan cerminan bagi sekolah-sekolah lain. Tidak hanya itu ada beberapa usaha yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam hal ini pendidik untuk melakukan pengawasan ekstra.

"Pengawasan dan penaman karakter ini sendiri tentunya telah dikoordinasikan dan dimaksimalkan kerjasama antar orang tua dan pendidik agar sama-sama menjaga, membimbing dan membina putra-putri peserta didik, guna meminimalisir dampak dari kenakalan remaja yang semakin marak terjadi,"pungkasnya. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved