Pemerintah Belum Sampaikan KUA-PPAS, Pengesahan APBD 2017 Kukar Molor

Pemerintah Belum Sampaikan KUA-PPAS, Pengesahan APBD 2017 Kukar Molor

Kondisi jalan rusak yang masih perlu mendapat perhatian pemerintahKondisi jalan rusak yang masih perlu mendapat perhatian pemerintah
Photo: ist


KutaiRaya.com - 06/12/2016 09:06 WITA
Pengesahan APBD 2017 Kutai Kartanegara molor. Ini menyusul belum disampaikannya Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2017, oleh Pemkab kepada DPRD Kutai Kartanegara.

Dikabarkan, bahwa estimasi anggaran pada APBD 2017 hanya kisaran Rp2,8 triliun. Nilai ini jauh menurun dibanding pada APBD 2016 yang hampir mencapai Rp7 triliun.

Jika APBD 2017 hanya kisaran Rp2,8 triliun, maka pemerintah harus cermat dan jeli menyusun skala prioritas anggaran. Mengingat dari nilai tersebut belanja gaji dan TPP sudah mencapai Rp2,2 triliun.

Anggota Komisi III DPRD Kukar Firnadi Ikhsan, belum mau memberi tanggapan secara jauh terkait APBD 2017.

"Sebab sejauh ini pihak eksekutif belum menyampaikan KUA PPAS 2017. Sehingga kita belum tahu pasti apa menjadi skala prioritas pemerintah, tetapi dengan kondisi keuangan yang minim jika salah atur maka bisa berdampak pada pembangunan," katanya.

Selama ini, pemerintah mengandalkan dana bagi hasil untuk memenuhi APBD Kukar, sementara PAD Kukar belum tergali secara maksimal. Secara jangka panjang, langkah pemerintah untuk menggenjot sector pariwisata dan pertanian dalam arti luas sangat tepat, dan itu belum bisa dihasilkan dalam waktu singkat.

"Tapi secara jangka panjang itu bagus, karena dampaknya jelas akan memberikan kesejahteraan masyarakat," katanya.

"Dengan kondisi keuangan yang sulit seperti sekarang ini, kita menyesuaikan diri, mengatur pengeluaran seperlunya dan lebih memfasilitasi tumbuh kembangnya ekonomu masyarakat baik dengan investasu pihak ketiga maupun UKM," paparnya. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved