SDN 04 Tenggarong Tumbuhkan Minat Baca Siswa

SDN 04 Tenggarong Tumbuhkan Minat Baca Siswa

Kelapa SDN 004 Tenggarong Hj. Aniati. M.PdKelapa SDN 004 Tenggarong Hj. Aniati. M.Pd
Photo: ist


KutaiRaya.com - 17/11/2016 14:40 WITA
Untuk meningkatkan minat baca peserta didiknya, di SDN 004 Tenggarong bukanlah perkara mudah.

Ini juga tidak akan berjalan tanpa usaha maksimalnya pendidik untuk menumbuhkan minat baca peserta didik, selain memaksimalkan fungsi perpustakaan sekolah dan menyelipkan 15 menit bebas baca sebelum memulaim proses belajar.

Pihak perpustakaan kabupaten juga kerap mengirimkan sarana membaca melalui mobil dinas perpustakaan yang rutin sebulan sekali melakukan kunjungan kesekolah dan ada yang sampai 2 kali sebulan dikunjungi.

"Kunjungan mobil perpustakaan ini sangat mengundang dan menambah minat baca peserta didik terhadap kegiatan membaca"kata Kepala SDN 004 Tanggarong Hj. Arniati. M.Pd, Rabu (16/11) di ruang kerjanya.


Menurutnya manfaat luar biasa ini juga dirasakan SDN 004 Tenggarong, dimana mobil perpustakaan mengunjungi 2 kali dalam sebulan yang membawa banyak buku,tentunya bebas dibaca peserta didik dan tidak terbatas materi dan informasi yang diperoleh tapi tetap dalam batasan layak baca bagi peserta didik.

"Semua peserta didik turun berbondong menyambangi mobil perpustakaan demi bisa mebaca dan menggali informasi yang belum mereka ketahui" paparnya.

Pihak sekolah juga memfasilitasi minat baca dengan menyediakan tempat duduk dimana saat mobil perpustakaan datang berkunjung peserta didik akan langsung mencari posisi nyaman untuk membaca buku. Penanaman minat baca ini di lakukan seajak didini diman ini merupaka modal utama utnuk peserta didik untuk kedepannya nanti.

Bagi orang tua semestinya turut bekerja sama demi kebaikan dan kesuksesan putra-putrinya dengan mendudkung penuh kegiatan sekolah kearah positif. Dari pukul 7.30 hingga 17.00 peserta didik adalah anak dan tanggung jawab pihak sekolah selebihnya adalah tanggung jawab orang tua/wali akan kemajuan putra-putrinya. "Begitu pentingnya kemampuan membaca dan memahami bagi peserta didik untuk bisa mengikuti kegiatan belajar disekolah secara efektif. Dimulai dari sekarang jadikan membaca menjadi kegiatan wajib dilakukan di hari-hari kita" Pungkas Arniati. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved